Analisis Pemerolehan Fofnologi pada Anak Viral 2 Tahun dalam TikTok Chikitta
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menjelaskan pemerolehan fonologi pada anak dua tahun yang menggambarkan realita masyarakat terkait kemampuan anak dua tahun dalam berbicara. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik analisi isi yang mengacu pada analisis.Peneliti sebagai instrument utama yang berarti peneliti mengamati dan mengambil data penelitian oleh manusia atau peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dalam penelitian dengan langkah-langkah yang dilakukan, yaitu menentukan objek yang akan dianalisis, menonton Tiktok Chikitta yang telah ditentukan, memberi tanda pada video tiktok yang mengandung Kenneth berbicara atau memperoleh bahasa. Hasil dan pembahasan pada penilitian ini adalah pemerolehan fonologi Kenneth yang merupakan anak viral usia dua tahun. Pemerolehan fonemik Kenkulus lebih mudah melaflkan huruf vokal dan huruf bilabial daripada huruf konsonan [S] dan [L].
Kata kunci: 1) Pemeroleh Bahasa 2) Fonologi
Abstract
This research aims to reveal and explain the acquisition of phonology in two-year-old children which describes the reality of society regarding the ability of two-year-old children to speak. Using qualitative descriptive methods and content analysis techniques which refer to analysis. Researcher as the main instrument which means the researcher observes and takes research data by humans or researchers themselves. The data collection technique used is literature study in research with the steps taken, namely determining the object to be analyzed, watching the specified Tiktok Chikitta, marking the Tiktok video containing Kenneth speaking or acquiring a language. The results and discussion in this research are the acquisition of phonology by Kenneth, a two year old viral child. Kenkulus's phonemic acquisition is easier to pronounce vowels and bilabial letters than consonants [S] and [L].
Keywords: 1) Language Acquisition 2) Phonology
References
Anggito, Albi, and Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. ed. Ella Lestari.
Devianty, Rina. 2016. “Pemerolehan Bahasa Dan Gangguan Bahasa Pada Anak Usia Batita.” RAUDHAH Vol. IV, N: 1–10.
Elbetri, Indah. 2021. “PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA DUA TAHUN DALAM BAHASA SEHARI - HARI.” Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5(2): 46–52.
Fitriana, Riri. 2021. “PEMEROLEHAN FONOLOGI BAHASA INDONESIA ANAK LAKI-LAKI USIA 4 (EMPAT) TAHUN.” Syntax Idea 3(3): 620–30. https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1091.
Gulo, Testin, Ihsan Hidayatulloh, and Basilius Gulo. 2023. “Pemerolehan Fonologi Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia 3 , 5 Tahun Testin Gulo Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia , Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia , Belakang . Urutan Alamiah Ini Tidak Hanya Terjadi Pada Masa Kana.” Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan 1(4): 20–31. https://journal.aspirasi.or.id/index.php/Pragmatik/article/view/237/256.
Mardhyana, Zilvia, and Yesi Maylani Kartiwi. 2020. “Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun Pada Tataran Fonologi.” 3(September): 735–46.
Maria, Fienny et al. 2021. “Pengaruh Video Lagu Anak – Anak Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dini ( Kajian Psikolinguistik ) Early Child Language Acquisition and The Impact of Children ’ s Songs Video ( Psycolinguistics Studies ).” : 36–45.
Nisyah, Kairun, and Yusak Hudiyono. 2023. “PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA PADA ANAK USIA DINI (PEMEROLEHAN FONOLOGI PADA ANAK 2 TAHUN).” Journal of Educational and Language Research 8721: 895–902.
Puspita, Yenda, Farida Hanum, and Arif Rohman. 2022. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia Dini.” 6(5): 4888–4900.
Salnita, Yulia, Atmazaki, and Abdurrahman. 2019. “Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 3 Tahun.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1): 137–45.
Sari, Nur Ainun. 2023. “Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 1 Tahun 7 Bulan Dalam Bidang Fonologi.” 12(2): 317–27.
Sentosa, Aji Rahmat, and Nia Apriliani. 2020. “PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI ( KAJIAN PSIKOLINGUISTIK ).” : 13–14.
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Kedua Ceta. ed. Sutopo. Bandung: Alfabeta.
Sukat, Lina, Putriyanti, and Joko Sulianto. 2024. “ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA DAN PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA DINI.” Didaktik :Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 10 No.2: 568–78. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/3152/2332.