PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI MAJAS METAFORA DAN SIMILE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA SMP NEGERI 2 BODEH

Main Article Content

Dessy Fatmala Harliani
Nazla Maharani Umaya

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi majas metafora dan simile di kelas IX C SMP Negeri 2 Bodeh, dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Dalam konteks pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, tantangan yang dihadapi oleh guru adalah menciptakan suasana belajar yang menarik dan dapat mengakomodasi kebutuhan beragam siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method, yang mencakup pendekatan kuantitatif untuk mengukur perubahan minat belajar siswa melalui angket serta pendekatan kualitatif untuk menganalisis interaksi dan umpan balik siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam minat belajar siswa, dengan skor rata-rata sebelum penerapan adalah 65 dan setelah penerapan mencapai 85. Observasi kualitatif juga mengungkapkan bahwa siswa menjadi lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran, menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi terhadap materi yang diajarkan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap majas metafora dan simile, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan menarik. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam pendidikan bahasa dan sastra, dan mendorong pendidik untuk mempertimbangkan pendekatan yang responsif terhadap kebutuhan siswa.


Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, majas metafora, majas simile, minat belajar, pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

Article Details

Section
Articles

References

Fitri, N., Praja Dinata, R., & Satria, W. (2024). Pengembangan dan Penerapan Video Animasi sebagai Media Pembelajaran Bahasa untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa SMP Negeri 16 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2). http://Aksara.unbari.ac.id/index.php
/aksara
Fitriyyah, S. (2022). Analisis Makna Majas Metafora yang Diungkapkan Pengarang Pada Puisi “Aku Ingin
Melukismu” Karya Nenden Lilis Aisyah (Vol. 1, Issue 3). https://doi.org/10.58192
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 1–6. https://doi.org/10.21009/PIP.332.1
Iistika, & Muliadi, N. M. (2024).
Peningkatan hasil belajar siswa kelas

X.1 dengan model pembelajaran berdiferensiasi pada pelajaran bahasa indonesia di era digital SMA negeri 3 Enrekang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 453–458. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2. 517
Keraf, G. (2009). Diksi dan Gaya bahasa.
Gramedia Pustaka Utama.
Nasrodin, Hepni, & Ubaidillah. (2024).
Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Produk Dalam Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik. In Jurnal Pendidikan Indonesia (Vol. 13, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.2 1009/jpi.v13i1
Nur Hikmatul Auliya, Ms., Helmina Andriani, G., Roushandy Asri Fardani, Ms., Jumari Ustiawaty, Mp., Evi Fatmi Utami, Ms., Dhika Juliana Sukmana, A., Rahmatul Istiqomah, R., Oleh, D., Pustaka Ilmu Editor, C., & Abadi, H. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. https://www.pustakailmu.co.id
Swandewi, P. (2021). Implementasi StrategiPembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.5 9789/deiksis.v3i1.54
Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Gaya Bahasa. Angkasa.
Tomlinson, C. A. (2014). CLASSROOM
Responding to the Needs of All Learners 2nd Edition. www.ascd.org/deskcopy.