Peningkatan Social Awareness Siswa SMP dalam Pembelajaran Teks Deskripsi Melalui Teams Games Tournamen

  • Dinda Ayuni Setiawan PPG Unesa
  • Mohammad Rokib Universitas Negeri Surabaya
  • Suwarni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Teams Tournament
Games (TGT) dalam pembelajaran teks deskripsi untuk meningkatkan social awareness siswa
kelas IX-A SMPN 12 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek
dari penelitian ini adalah 35 siswa kelas IX-A SMPN 12 Surabaya. Pengumpulan data
menggunakan teknik angket dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan Skala Likert dan
deksriptif yang mengacu pada peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa TGT dapat meningkatkan social awareness siswa dengan peningkatan hasil belajar.
Diperoleh presentase prasiklus dalam angket social awareness sebesar 50,38 kemudian
meningkat 25,83% menjadi 76,21%, sedangkan pada siklus II juga lebih meningkat menjadi
81,5%. Di samping itu, terjadi peningkatan hasil belajar mulai prasiklus hingga siklus II. Rata-rata
siswa pada prasiklus adalah 41,85 dengan tidak adanya siswa yang tuntas, rata-rata siklus I adalah
60,71 dengan 10 siswa yang tuntas, sedangkan rata-rata siklus II adalah 85,71 dengan total 21
siswa yang tuntas.
Kata kunci: Teams Games Tournament, Social-awareness, Hasil belajar, Bahasa Indonesia

References

A.Mulyani, dkk. (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar.
CASEL. (2015). CASEL Guide: Effective Social and Emotional Learning Programs - Middle and High School Edition. Collaborative for Academic, Social and Emotional Learning.
Fajri, L., & Martini, K. (2012). Upaya peningkatan proses dan hasil belajar kimia materi koloid melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dilengkapi dengan teka-teki. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 1(1), 89–96. Retrieved from http://eprints.uns.ac.id/11435/
Idrus, Z.,dkk. (2010). Social awareness: The Power of Digital Elements in Collaborative Environment. WSEAS Transactions on Computers, 9(6)
Jones, D. E., dkk. (2015). Early Social-Emotional Functioning and Public Health: The Relationship between Kindergarten Social Competence and Future Wellness. American Journal of Public Health, 105(11). https://doi.org/10.2105/AJPH.2015.302630
Kemdikbud. (2014). Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud.
Musclish, M. (2014). Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mustofa, B. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Musyafa, W. & Djatmiko, R. D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament ( Tgt ) Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Teknik Pegelasan the Influence of Cooperative Learning Model of Teams Games. Prodi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 3(5), 371– 378.
Nopembri, S., Rithaudin, A., S., & Sugiyama, Y. (2017). Developing Children’s Communication and Social Awareness Skills in Volcano Disaster Areas through Physical Education and Sports Programs. Advances in Physical Education, 07(01).https://doi.org/10.4236/ape.2017.71007
Rahmawati, N. D. (2011). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Number Head Together (NHT) pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri Se- Kabupaten Grobongan. Prosiding Seminar Nasional Matematika, (4), 98–110
Rakhmadhani, dkk. (2013). Pengaruh penggunaan metode teams games tournaments berbantuan media teka - teki silang dan ular tangga dengan motivasi belajar terhadap prestasi siswa pada materi koloid kelas XI SMA Negeri 1 Simo tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(4), 190–197
Riduwan & Sunarto (2011). Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Safitri, A. G., & Santosa, D. S. S. (2018). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Berbantu Media Powerpoint BerbasisVideo Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII B Di SMP Negeri 2 Suruh. In Seminar Nasional Hardiknas (pp. 31–36). FKIP UKSW.
Sudjana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wegner, & Giuliano. (1982). The Forms of Social Awareness. In Personality, Roles, and Social Behaviors.
Published
2024-10-18