Best Practices Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Berbahasa Peserta Didik Dengan Metode Jaringan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indoensia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan pengamatan kelas (Class observaer research) sebagai acuan dalam meneliti penerapan metode jaringan dalam pembelajaran Bahasa Indoneisa untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berbahasa peserta didik. Pembelajaran bahasa Indonesia semestinya digunakan untuk memaksimalkan keterampilan berbahasa peserta didik yang terdiri dari menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Banyaknya peserta didik yang kurang mampu mengoptimalkan keterampilan berbahasanya dalam kegiatan pembelajaran dan rendahnya motvasi belajar peserta didik melatarbelakangi penelitian ini. Maka dari itu, penerapan metode jaringan dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai metode metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga peserta didik mampu memahami dan menguasai materi pembelajaran dengan mudah.
Kata Kunci : Keterampilan Berbahasa, metode pembelajaran, metode jaringan.
References
Kriyantono, R.(2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Nurgiyantoro, B. (2011). Penilaian dalam pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
Rakhmat, J. (2008). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudaryanto. (2008). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa ( Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sutopo, B.H (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.