PERBEDAAN PEMBELAJARAN SINEKTIK DENGAN KONVENSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA SMAN 1 WANASARI KABUPATEN BREBES

  • Renastasya Larastanti , Ghufroni, dan Hany Uswatun Nisa Mahasiswa Universitas Muhadi Setiabudi
Keywords: model sinektik, model konvensional, kemampuan menulis puisi

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan kemampuan siswa praktik menulis puisi melalui penerapan model sinektik. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMAN 1 Wanasari. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dengan desain control group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X di SMAN 1 Wanasari Brebes. Populasi penelitian sebanyak 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 216 siswa. Sampel penelitian diambil sebanyak 2 kelas dengan teknik kluster random sampling. Data diperoleh dengan test yang terdiri dari pretest dan postest. Analisis data menggunakan rumus uji-t dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan menulis puisi  siswa kelas X SMAN 1 Wanasari  Kabupaten Brebes.

References

Agustin, Devi; Julia; Herman Subarjah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Menggambar Imajinatif Mengenai Alam Sekitar. Jurnal Pena Ilmiah: Vol 2, No 1 (2017) 741
Dahlan, MD. 2010. Model-model Mengajar. Bandung: Diponegoro.
Hosna, Rofiatul. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Sinektik Di Madrasah Ibtidaiyah. Vol. XXVIII No. 2 2013/1434
Joyce, Bruce. Marsha Weil, dan Emily Cal Houm. 2013. Model of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2023-10-31