AMBIGUITAS GRAMATIKAL PADA JUDUL WEBTOON DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

  • 'Aisya Luthfiana Asfar, Burhan Eko Purwanto, dan Afsun Aulia Nirmala UPS TEGAL
Keywords: ambiguitas gramatikal, webtoon, implikasi, pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini mengkaji ambiguitas gramatikal pada judul-judul webtoon dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan penyebab timbulnya ambiguitas gramatikal pada judul-judul webtoon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode simak dengan teknik sadap dan catat digunakan untuk mengumpulkan data yang mengandung ambiguitas gramatikal. Analisis data menggunakan metode agih. Penelitian ini menemukan terdapat 33 data judul webtoon berbahasa Indonesia yang mengandung ambiguitas gramatikal, terdiri atas 2 data ambiguitas gramatikal berupa kata; 28 data ambiguitas gramatikal berupa frasa; 1 data ambiguitas gramatikal berupa klausa; dan 2 data ambiguitas gramatikal berupa kalimat. Penyebab ambiguitas gramatikal yang ditemukan, meliputi akibat adanya perbedaan antara tata bahasa Korea dan tata bahasa Indonesia dari segi struktur sintaksisnya; kurangnya unsur pembentuk frasa; subjek yang tidak jelas; struktur kalimat yang kurang tepat; dan tidak adanya intonasi dalam bahasa tulis.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Cetakan Ketigabelas. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ate, A. A. 2007. Editorial Writting: An Academic and Professional Approach. Akure: Pamma Press.
Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ihm, Ho bin dkk. 2003. New Edition Korean Grammar for International Learners. Cetakan keempat. Seoul: Yonsei University Press.
Lee, Eunjung. 2016. “Interferensi Gramatikal Bahasa Korea ke dalam Bahasa Indonesia”. Dalam Indonesian Journal of Applied Linguistics Review. Vol. 1(2), 121-133. Online: https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ijalr/article/view/3384/2425 (diunduh 21 Mei 2023)
Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Edisi Kedua, Cetakan Kesembilan. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Seri ILDEP, Yogyakarta: Duta Wacana Press.
Wellek, Rene dan Austin Warren. 1977. Teori Kesusastraan. Terjemahan oleh Melani Budianta dari Theory of Literature. Jakarta: PT Gramedia.
Wijana, I Dewa Putu dan Mohammad Rohmadi. 2008. Semantik: Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.
Published
2023-10-31