KALIMAT PERSUASI DALAM CAPTION AKUN INSTAGRAM @LITHACIL9 DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

  • Nadya Novitasari, Syamsul Anwar, dan Afsun Aulia Nirmala Universitas Pancasakti Tegal

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya kalimat persuasi dalam caption akun instagram @lithacil9 dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif informal, dengan melewati beberapa tahapan seperti (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahapan pengumpulan data, (4) tahapan analisis data, dan (5) tahapan penyajian data. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik simak dan teknik catat. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan adanya kalimat persuasi pada caption akun instagram @lithacil9. Untuk mengetahui wujud kalimat persuasi dalam caption akun instagram @lithacil9, penulis menggunakan teknik reduksi. Peneliti menemukan terdapat 46 wujud kalimat persuasi dalam caption akun instagram @lithacil9. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII pada kompetensi dasar 3.3 dan 3.4 yaitu mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks iklan, slogan atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

References

Kata Kunci : Kalimat, Persuasi, Instagram, Implikasi Pembelajaran.
Published
2023-11-02