KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MODEL SINEKTIK DAN MODEL PETA KONSEP PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Suprapti dan Vivi Kumalasari Subroto Universitas Sains Dan Teknologi Komputer
Keywords: Kata kunci: menulis cerpen, model sinektik, model peta konsep

Abstract

Penelitian ini berjudul “Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Model Sinektik dan Model Peta Konsep pada Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan keterampilan menulis cerpen antara siswa yang diajar dengan model sinektik dengan siswa yang mendapatkan model peta konsep ?

Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan ada tidaknya perbedaan kemampuan menulis cerpen dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa SMP dengan digunakannya model sinektik dan model peta konsep. Pembelajaran menulis cerpen di sekolah belum menarik minat siswa. Siswa beranggapan bahwa kegiatan menulis cerpen merupakan materi pembelajaran sulit, bahkan beberapa siswa mengalami kesulitan untuk memulai menulis cerpen. Penyebab tersebut timbul karena siswa tidak memahami kriteria menulis cerpen yang baik,  kurang menguasai  alur, konflik, klimaks bahkan penokohan yang ada dalam sebuah cerpen. Untuk itu, peneliti memandang bahwa guru perlu melakukan inovasi dalam pembelajaran agar pembelajaran menulis cerpen  dapat terlaksana secara efektif. Peneliti berpendapat bahwa model dari cerpen ke cerpen dan model bersafari mengandung aspek-aspek yang dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran menulis cerpen.

Penelitian ini terfokus pada keefektifan pembelajaran menulis cerpen di SMP antara kelas yang diberi model sinektik dengan kelas yang diberi model peta konsep. Sesuai dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keberhasilan pembelajaran menulis cerpen dengan digunakannya kedua model tersebut.

Hasil dari penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen 1 dengan kelompok eksperimen 2. Perbedaan itu ditunjukkan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 dengan tingkat signifikansi di kelompok eksperimen 1, yaitu model sinektik. Didapat nilai rata-rata 80,02 dengan standar deviasi 1,99 apabila dibandingkan dengan kelompok eksperimen 2 dengan nilai rata-rata 71,93 dengan standar deviasi 2,04, yaitu model peta konsep. Model sinektik lebih efektif dibandingkan dengan model peta konsep dalam pembelajaran menulis cerpen di SMP.

Simpulan yang diperoleh yaitu model sinektik sangat efektif dalam pembelajaran menulis cerpen di SMP. Dengan demikian, penelitian ini menarik dikembangkan lebih lanjut untuk lingkup sekolah menengah atas yang lebih luas, sehingga keefektifan model sinektik akan membawa dampak positif bagi pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya dan menulis cerpen khususnya.

Kata kunci: menulis cerpen, model sinektik, model peta konsep.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi. Jakarta: BNSP
BSNP. 2006. Standar Isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMA/MA.Jakarta: BSNP
Depdiknas. 2006. Standar Isi Kurikulum 2006. Jakarta. BNSP.
Diponegoro, Mohammad. 1985. Yuk, Nulis Cerpen Yuk. Yogyakarta: Shalahuddin Press.
Fariqoh. 2002. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Metode Karya Wisata Siswa Kelas 1.3 MA Ma’mahadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal Tahun Pelajaran 2001/2002. Skripsi : Unnes.
Nurgiantoro, Burhan. 2005: Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharianto, S., 1982. Dasar-dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta
Sumardjo, J. dan Saini K.M. 1996. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia.
Sumardjo, Jacob. 2001. Beberapa Petunjuk Menulis Cerpen. Bandung: Mitra Kencana.
Syamsuddin. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung
Published
2023-04-06