PENINGKATAN AKTIVITAS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MELALUI MODEL CIRC PADA TEMA PENGALAMAN DI SEKOLAH DASAR

  • Mila Roysa dan Sumaji Universitas Muria Kudus
Keywords: Aktivitas Kemampuan Membaca Pemahaman, Model CIRC

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktvitas kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakan model CIRC pada tema pengalaman di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancanagan penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian meliputi (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) tindakan penelitian; dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD 1 Soco. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan model CIRC dalam meningkatkan aktivitas kemampuan membaca pemahaman tentang isi bacaan pada siklus I sebesar 80,42% menjadi 83,61% pada siklus II dalam kategori baik. Dari hasil penemuan menyimpulkan bahwa aktivitas kemampuan membaca pemahaman menggunakan model CIRC mengalami peningkatan dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran siswa.

References

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2014. Penilaian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2008. Penilaian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rahma, D. dan Ginting, B. 2017. The Implementation of Cooperative Integrated Reading and Composition Strategy to Improve the Students Ability in Reading Comprehension. Aisteel, 113-117.

Oktafiana, dkk. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran CIRC Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Anak Disleksia. UNES Journal of Education Scienties, 2(1).

Aprilentina, dkk. 2020. Penggunaan Metode CIRC Pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Buana Pendidikan. 16(30), 173-182.

Salvin. R. 2005. Cooperative Learning (Teori Riset dan Praktik). Bandung: Nuansa Media.
Published
2023-04-06