IDENTIFIKASI STRUKTUR KALIMAT DAN KESALAHAN BERBAHASA PADA TUTURAN BILINGUAL SISWA KELAS 5 SD

IDENTIFICATION OF STRUCTURE AND LANGUAGE ERRORS IN BILINGUAL SPEECH OF 5th GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS

  • Siti Aulia Umami dan Khusnul Khotimah Universitas Sebelas Maret
Keywords: struktur kalimat, kesalahan berbahasa, bilingual, siswa kelas 5 SD

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikolingusitik untuk mengukur kemampuan siswa dalam menyusun kalimat dan mengidentifikasi bentuk kesalahan berbahasa pada tuturan bahasa ibu dan bahasa kedua siswa kelas 5 SD. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa tuturan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris siswa yang diperoleh buku cerita bergambar Frog, Where Are You?. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tuturan bahasa asing siswa tidak terlepas dari kebiasaan bertutur bahasa ibu baik secara strutkur kalimat, kesalahan berbahasa, dan alih kode. Struktur kalimat dalam bahasa ibu lebih beragam daripada struktur kalimat bahasa asing. Kesalahan berbahasa yang terjadi pada bahasa asing berkaitan dengan kebiasaan tata bahasa ibu. Dan alih kode eksternal akan dilakukan siswa ketika menyebutkan beberapa kata asing akan beralih ke bahasa ibu.

References

Djafar, Hamsiah. 2017. “Penggunaan Kalimat Majemuk Dalam Karya Tulis Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.” Jurnal Al-Kalam 9(2):219–28.
Ibda, Hamidulloh. 2017. “Urgensi Pemertahanan Bahasa Ibu Di Sekolah Dasar.” Shahil 2(2):194–207.
Kartikasari, Ratna Dewi. 2019. “Penggunaan Bilingualisme Pada Masyarakat Yang Berwirausaha.” Pena Literasi 2(1):47–54.
Kumalasari, Ratih, Dawud, and Sunaryo. 2017. “Wujud Kalimat Kompleks Dalam Karangan Cerita Fantasi Siswa SMP Kelas VII.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 2(8):1097–1106.
Manuaba, IB Putera. 2019. Wacana Bahasa Dan Sastra. Surabaya: Airlangga University Pers.
Muzaki, Helmi, and Arief Darmawan. 2021. “Analisis Kesalahan Berbahasa Lisan Pada Kanal Youtube Fouly.” Metalingua 7(1):55–62.
Prasetianto, Mushoffan, and Rizkiana Maharddhika. 2022. Write It Right. 2nd ed. Malang: Tim Badan Penegmbangan Buku dan Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.
Rohmawati, Annisa Maulidiyah, and Urip Zaenal Fanani. 2022. “Penggunaan Alih Kode Dan Campur Kode Mahasiswa Bahasa Jepang Universitas Negeri Surabaya Pada Aplikasi Hellotalk.” Jurnal Hikari 06(1):382–93.
Published
2023-04-06