PENERAPAN ASESMEN UNJUK KERJA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2022/2023

  • Ikram Azizul Hakim, Andiopenta Purba, dan Priyanto Universitas Jambi
Keywords: asesmen unjuk kerja, menulis, teks ekspposisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan asesmen unjuk kerja dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023. Pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya menulis teks eksposisi merupakan kegiatan yang sulit dilakukan apa lagi seusia anak sekolah menengah pertama dan belum diketahui kualitasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena pendekatan tersebut lebih tepat dalam memahami keadaan pada penelitian lapangan secara alamiah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penerapan asesmen unjuk kerja dalam menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Jambi dalam bentuk teks eksposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan asesmen unjuk kerja materi menulis teks ekposisi sudag dilaksanakan dengan baik berdasarkan teori asesmen unjuk kerja dalam persiapan merancang, menerapkan, dan mengevaluasi hasil penilaian. Bentuk asesmen unjuk kerja di terapkan pada penilaian produk dan portofolio. Terdapat kendala-kendala yang muncul dalam penerapan asesmen unjuk kerja menulis teks eksposisi kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Jambi yang di sebabkan oleh faktor internal dan eksternal yaitu pengoptimalan waktu, kurangnya motivasi belajar dari peserta didik dan interpretasi siswa yang kurang.

References

Abduh, M. 2019. Panduan performance Asesmen (Penilaian Kinerja). Jakarta. Pusat Penilaian Pendidikan.
Ali, M. 1993. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Alwi, Hasan, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Aneka Cipta.
Bloom, T. 2014. Penilaian Auntentik Prosesn dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Budiyono, Herman. 2005. Menulis Secara Sistematis dan Terarah. Jambi: Departemen Pendidikan Universitas Jambi.
Basuki, Ismet dan Haryanto. 2016, Asesmen pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Darmadi. 1996. Pengantar Teori Saatra. Jakarta: PT. Grasindo.
Dantes, Nyoman. 2008. Asesmen Autentik. Universitas Pendidikan Ganesha: Singaraja Bali.
Desrian. 2022. Penerapan Asesmen Autentik Guru pada Pembelajaran Menulis Teks Prosedur di SMP Negeri 7 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2021/2022. Jambi: Skripsi Universita Jambi.
Djiwandono. 2002. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Endrayanto, H.Y.S., Harumurti Y.W. 2O14. Penilaian Belajar Siswa di sekolah.Yogyakarta : PT KANISIUS
Hadi, 2010. Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi . Skripsi UNJA: Jambi.
Haryati, M. 2010. Model & Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Guna Persada Press
Kementerian dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.
Keraf, G. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah.
Khairunisa, 2013. Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX F SMP Negeri 24 Kota Jambi . Skripsi UNJA: Jambi.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar peserta Didik Berdasarkan Kurikulum2013). Jakarta. PT.Rajagrafindo persada.
Muslich, M. 2011. Authentic Asesmen: Penilaian Berbasis kelas dan Kompetensi. Bandung: PT. Rafika Aditama.
Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiantoro, B. 1987. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jogjakarta: BPFE.

Parida. 2009. Pembelajaran Menulis. Jurnal Ilmiah. Yogyakarta: Universitas
Negeri Yogyakarta.
Partiwi, Puji. 2022. Penerapan Asesmen Unjuk Kerja (Performance Assessment) Menulis Teks Deskripsi Melalui Pembelajaran dalam Jaringan Kelas VII SMP Negeri Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022. Jambi: Skripsi Universita Jambi.
Purba, Andiopenta. 2022. Penerapan Asesmen dalam Pembelajaran. Jambi: Feniks Muda Sejahtera.
Putri. Melysa Sapriani. 2022. Penerapan Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Teks Puisi Kelas VIII SMP Negeri Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022. Jambi: Skripsi Universita Jambi.
RofiĀ’udin, Ahmad. 1999. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Riayanti, Yatim. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Siswanto. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: PT.Grasindo.
Sudita. 2008. Kiat Menulis Cerita Pendek. Bandung: Angkasa.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Angkasa.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Kosdakarya.
Suyitno. 2009. Apresiasi Puisi dan Prosa. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LLP) UNS.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Thahar, Harris effendi. 2009. Kiat Menulis Cerita Pendek. Bandung: Angkasa.
Uno,H.B., Koni. 2012. Assessment Pembelajran. Jakarta: Bumi Aksara
Widyamartaya, A. 2002. Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta: Kanisius.
Wiyanto, Asul. 2005. Kesastraan Sekolah Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: Grasindo

Widiyanto, J. 2018. Evaluasi Pembelajaran (sesuai dengan kurikulum 2013) konsep, Prinsip & prosedur. Madiun Jawa Timur : UNIPMA PRESS Universitas PGRI Madiun
Yudiyono. 2009. Pengkajian Kritik Sastra Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo.
Yusuf, A. Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan : Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Published
2023-04-05