ANALISIS KONFLIK SOSIAL PADA NOVEL MADICKEN DAN LISABET KARYA ASTRID LINDGREN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA

  • Siti Umatul Zanah, Sri Mulyati, dan Khusnul Khotimah UPS Tegal

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang Konflik Sosial pada Novel Madicken dan Lisabet Karya Astrid
Lindgren dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra Indonesia di SMA. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Kajian Teori Konflik Sosial Dean G. Pruitt dan Jeffrey Z.
Rubin. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan bagaimana Analisis Konflik Sosial
yang terdapat dalam Novel Madicken dan Lisabet Karya Astrid Lindgren, dan (2) Mendeskripsikan
Implikasi Pembelajaran Sastra Indonesia di SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan sosiologi sastra. Wujud data dalam penelitian ini berupa kalimat dan
percakapan yang didalamnya terdapat tentang konflik sosial. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan metode deskriptif mengenai konflik sosial pada novel madicken dan lisabet
karya astrid lindgren. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal. Hasil
peneleitian dalam novel madicken dan lisabet karya astrid lindgren, berupa: (1) Pertentangan
atau Perselisihan dalam berbeda Pendapat dan Kepentingan, yang berjumlah 6 data: 60 %, (2)
Tantangan dari Individu Lain, yang berjumlah 1 data: 10 %, (3) Kemiskinan, berjumlah 1 data: 10
%, (4) Ejekan, berjumlah 1 data: 10 %, serta (5) Perbedaan Perasaan, berjumlah 1 data: 10 %.

References

Bogdan, Taylor. 1975: 5. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung: PT
REMAJA ROSDAKARYA.
Raven, Rubin. 1983. Teori Konflik Sosial.
Buffalo: Dean G. Pruitt, Jeffrey Z.
Rubin.
Sujarwa. 1997: 3. Teori Sosiologi Sastra.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wellek, Warren. 1956: 30. Teori Sosiologi
Sastra. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Published
2022-07-12