Penggunaan Video Film untuk Meningkatkan Prestasi Pemahaman Mendengarkan Siswa

  • Nur Laila Molla Universitas Pancasakti Tegal

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan yang signifikan dalam pencapaian pemahaman mendengarkan siswa setelah diajarkan melalui video film dan untuk menyelidiki proses pengajaran mendengarkan melalui video film di kelas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas satu SMPN 1 Tegal. Penelitian kuantitatif ini menggunakan satu kelompok desain pretest-posttest. Uji pemahaman mendengarkan obyektif digunakan sebagai instrumen dan data dianalisis dengan menggunakan uji-t berulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari pre-test ke post-test. Nilai rata-rata dari pre-test adalah 54.83 dan post-test adalah 72.17 dan t-value lebih tinggi dari t-tabel. Dengan membandingkan skor pre-test dan post-test, dapat ditemukan bahwa perbedaannya adalah 17,33. Ini membuktikan bahwa perlakuan/treatment memiliki efek positif pada prestasi siswa. Berdasarkan data, dapat disimpulkan bahwa penerapan video film di kelas meningkatkan prestasi pemahaman mendengarkan siswa.

 

Kata kunci: Pemahaman Mendengarkan, Teks Naratif, Prestasi Siswa, Video film

References

Anderson, A. and Lynch, T. 2002. Listening. London: Oxford University Press.
Kathleen S.M.Chu.1986.Teaching Listening with Video: BBC British Council
Rivers, W. M. 1986. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: Chicago University Press.
Sadiman, A. 2005. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatan. Jakarta : Grafindo Pers.
Saricoban, A.1999. The Internet TESL Journal, Vol.V, No.12. Teaching English to Children. http://iteslj.org/Article/Saricoban-Listening.html.
Setiyadi, Ag.B. 2006. Metode Penelitian Untuk Pengajaran Bahasa Asing. (buku ajar). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Swift, S. 2007. An English Language Teaching Notebook. http://elnotebook.blogspot.com/index.html.
Wong, R. 2005. Second Language Listening: Theory and Practice. Electronic Journal of Foreign Language Teaching. Vol 3 No 1 Page 129-130, 2006. August 27th, 2007. Retrieved May 25th, 2012. http://www.shkaminski.com/Classes/Handouts/Listening.html.
Published
2020-04-23
Section
Articles