NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TUTURAN DIREKTIF PENDIDIK PADA PEMBELAJARAN DI SMA

  • Suci Herwani IAIN Kudus
Keywords: Tuturan Direktif, Fungsi Tuturan, Nilai Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) fungsi tuturan direktif dalam pembelajaran, dan (2) nilai-nilai pendidikan karakter tuturan direktif dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik Simak Bebas Libat Cakap. Data dianalisis dengan metode padan. Dilanjutkan teknik dasar, yaitu Teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) untuk mengklasifikasikan fungsi tuturan dan nilai-nilai pendidikan karakter tuturan. Data penelitian berupa penggalan tuturan sedangkan sumber data adalah tuturan pendidik dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian ini terdapat lima fungsi tuturan direktif meliputi, menyarankan, menyuruh, mengajak, meminta, dan memaksa. Selanjutnya nilai-nilai pendidikan karakter dalam tuturan direktif meliputi religius, peduli, jujur, dan nasionalis.

References

Elmita, W., Ermanto, E., & Ratna, E. (2013). Tindak Tutur Direktif Guru dalam Proses Belajar Mengajar di TK Nusa Indah Banuaran Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 139–147.
Kuncara, S.D. Nababan, N.R., dan Samiati, S. (2013).”Analisis Terjemahan Tindak Tutur Direktif pada Novel The Godfather dan Terjemahannya dalam Bahasa Indonesia”. Dalam Jurnal Transling Journal: Translation and Linguistics. Volume 1 nomor 1 Januari 2013.
Moleong, Lexy J. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muchtar, Achmad Dahlan, dan Aisyah Suryani. (2019). Pendidikan Karakter menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran atas Kemendikbud). Jurnal Edumaspul: Jurnal Pendidikan). 3(2), 50-57.
Nurhamida, N., & Tressyalina, T. (2019). Strategi Bertutur dalam Tindak Tutur Ekspresif Bahasa Indonesia pada Kegiatan Diskusi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(4), 21–29.
Rustono. (1999). Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang :IKIP Semarang Press.
Sitompul, Henny. (2020). Tindak Tutur Direktif dalam Proses Pengajaran Bahasa Indonesia pada Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Jurnal Linguistik. 5(2), 157-165.
Sudaryanto. (2015). Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.
Syah, Nur Aini. (2017). “ Kesantunan Tindak Tutur Direktif dalam Talk Show Satu Jam Lebih Dekat di TV One (Tinjauan Pragmatik)”. Dalam jurnal Adabiyyat. Vol. 1(1). Hal. 94-111.
Wibowo, M.E., Suyitno, H., Retnoningsih, A., Handoyo, E., Rahayuningsih, M., Yuniawan, T., ... Surahmat. (2017).Tiga Pilar Konservasi. Semarang: UNNES Press.
Wulandari. (2015). “Tuturan Direktif dalam Wacana Motivasi Darwis Tere Liye di Media Sosial Facebook dan Kemungkinan Efek yang Ditimbulkannya”. Dalam jurnal Sastra Indonesia. Volume 4 No.1.
Published
2022-04-07