KEEFEKTIFAN MODEL DECISION MAKING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS EDITORIAL PADA SISWA KELAS XII SMK

  • Dwi Atmoko dan Fiqih Kartika Murti STIKES Bhakti Mandala Husada Slawi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih efektif antara  model decision making dengan model problem based learning dalam pembelajaran menyusun teks editorial pada siswa kelas XII SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif  dengan metode eksperimen kuasi. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) model decision making memperoleh nilai thitung (6,333) > ttabel (1,690), maka model decision making efektif dalam pembelajaran menyusun teks editorial;  (2) model problem based learning  memperoleh nilai thitung (5,018) > ttabel (1,690), maka model problem based learning  efektif dalam pembelajaran menyusun teks editorial; (3) model decision making dengan model problem based learning memperoleh nilai thitung (3,791) > ttabel (1,666). Dengan rata-rata nilai kenaikan kelas model decision making sebesar 8,33, sedangkan rata-rata nilai kenaikan kelas model problem based learning sebesar 6,83. Dengan demikian, terdapat pengaruh signifikan penggunaan model decision making lebih efektif dalam pembelajaran menyusun teks editorial.

References

Awalludin. (2018). “Efektivitas Model Decision Making dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Persuasif Siswa Kelas X SMK Trisakti Baturaja”. Jurnal Bindo Sastra, Vol 2, No 1. https://jurnal.umpalembang.ac.id/bisastra/article/view/923
Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya
Safitri, I., Sholeh, K., Rizkiana, S. (2019). “Keefektifan Model Picture And Picture dan Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Purworejo Tahun Ajaran 2018/2019”. Surya Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 7, No 2. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/suryabahtera/article/view/5972/5311
Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Subana. (2011). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suparno, dan Yunus, M. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana.
Soenhadji, I. M. (2013). Teori Pengambilan Keputusan. Depok: Universitas Gunadarma.
Published
2021-04-21