METODEPEMBELAJARAN GUESSING GAME DALAM PEMBELAJARANDESCRIPTIVE TEXTUNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN HASIL BELAJAR SPEAKING PESERTA DIDIK KELAS 7 SMP NEGERI DI KECAMATAN JATIBARANG

  • Wuryandari, Taufiqullah, dan Suriswo Universitas Pancasakti Tegal
Keywords: guessing game, descriptive text learning,, learning outcomes, speaking

Abstract

Metode guessing game menuntut peserta didik untuk mencari banyak kosakata untuk menjelaskan sesuatu objek seperti benda, hewan ,tumbuhan dan manusia.  Tujuan dari penelitian iniadalah untukmengetahui apakahmetodeGuessingGamemempengaruhihasil belajar speaking skill padapeserta didik kelas tujuhdiSMP negeri di Kecamatan Jatibarang..Untukmengumpulkan data,peneliti menggunakantes,observasidandocumentasi.Untukmemperolehdata peserta didik, peniliti menggunakan testertulis dan bentuk pilihan ganda.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif.PenelitimenggunakanrumusChi-squaredanT-testuntuk menganalisisdata.Hasil penelitian  menunjukkan bahwa Chi kwadrat hitung = 2,3, dibandingkan dengan Chi kwadrat tabel dengan dk(derajad Kebebasan) 6-1=5 , dan taraf kesalahan 5%, pada tabel = 11,07, Terbukti data Chi Kwadrat hitung< Chi kwadrat tabel (2,3< 11,07), maka Distribusi data hasil Post tes adalah Normal. Selanjutnya hasil analisis  data pre test dengan post test dengan rumus t-tes diperoleh T-hitung > T tabel ( 7,926 > 5,991) (5%),lebihbesar.

 

Published
2021-04-22