PEMERTAHANAN BAHASA MINANG PADA RANAH PENDIDIKAN DI TAMAN KANAK-KANAK (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

  • ASRI WAHYUNI SARI STKIP PGRI Sumatera Barat
Keywords: Pemertahanan Bahasa, Bahasa Minangkabau, taman kanak-kanak

Abstract

Indonesia dikenal dengan beragam budaya dan bahasa. Bahasa Minagkabau merupakan salah satu bahasa yang ada di Indonesia. Bahasa Minangkabau digunakan oleh masyarakat Minang khususnya masyarakat yang tinggal di kota Padang Sumatera Barat. Bahasa Minangkabau merupakan bahasa pertama atau bahasa ibu yang digunakan masyarakat sebagai bahasa ketika berkomunikas baik pada ranah keluarga, pendidikan, dan mata pencaharian.  Hal tersebut akan berpengaruh terhadap pemertahanan bahasa khususnya bahasa Minangkabau. Hal tersebut akan berdampak pada bergesernya posisi bahasa Minangkabau sebagai bahasa daerah. Oleh sebab itu, perlu adanya cara atau upaya untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemertahan bahasa pada ranah pendidikan dan ranah keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah orang tua, guru, dan orang tua siswa. Peneliti melakukan wawancara dan pengamatan. Teknik yang digunakan yaitu teknik simak libat cakap dan teknik rekam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat strategi pemertahanan bahasa Minang yang terjadi di luar jam pelajaran. Adanya strategi pemertahanan pasif yang dilakukan oleh guru, penjaga sekolah, penjaga kantin, dan orang tua siswa. Berdasarkan tutran yang di dapatkan, sumber data menggunakan bahasa ibu yaitu bahasa minang ketika berkomunikasi dengan siswa. Alih kode dan campur kode hanya terjadi di dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Dapat dismpulkan bahwa masih ada pewarisan bahasa minang pada anak-anak di TK Aisyiyah 14 Padang.

Published
2019-05-15
Section
Articles