PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI EXPLANATION TEXT DI MAN PEKALONGAN

  • Nita Noviawati MAN Pekalongan

Abstract

Tujuan  dari  penelitian  ini  untuk  mengetahui  ada  tidaknya  respon  siswa  dan  pengaruh penerapan  pembelajaran  daring  dalam  meningkatkan  hasil  belajar  bahasa  Inggris  pada  materi Explanation Text pada siswa kelas XI Agama MAN Pekalongan . Jenis penelitian ini adalah penelitian  tindakan  kelas  yang  dilaksanakan  secara  daring  dengan e-learning  dan Group Whatsapp. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI Agama MAN Pekalongan pada semester  genap  tahun  pelajaran  2019/2020,  dan  objek  penelitian  ini  adalah  memahami  materi Explanation Text dan  respon  siswa  terhadap  pembelajaran  daring.  Penelitian  ini  menggunakan  dua siklus untuk meningkatkan kemampuan menganalisis Explanation Text melalui empat tahapan proses kegiatan  yang  meliputi:  perencanaan,  tindakan,  pengamatan,  evaluasi  dan  refleksi.  Teknik pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  yaitu  menggunakan  metode  tes  dan  observasi.  Hasil penelitian  menunjukan  (1)  penerapan  pembelajaran  daring  dapat  meningkatkan  kemampuan pemahaman materi Explanation Text pada siswa. (2) ada respon siswa terhadap penerapan pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan pemahaman materi Explanation Text pada siswa.

Kata Kunci : pembelajaran daring, Explanation Text, Bahasa Inggris

References

Anggoro, M. Toha dkk. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmed, Sabri TS. 2019. WhatsApp and Learn English: a Study of the Effectiveness of WhatsApp in Developing Reading and Writing Skills in English. ELS Journal onInterdisciplinary Studies on Humanities. Vol 2 Issue 2.
Afnibar, & Fajriani, Dila. (2020). Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Komunikasi antara Dosen dan Mahasiswa dalam Menunjang Kegiatan Belajar. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. Vol 11(1).
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 5 (02), 11-16.
Bawelle, C. F.N., Lintong, F., & Rumampak, J. (2016) Hubungan penggunaan smartphone dengan fungsi penglihatan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado angkatan 2016. Jurnal E-Biomedik, 4(2), 0-5.
Bilfaqih, Y. (2015). Esensi pengembangan pembelajran daring. Yogyakarta: Deepublish.
Chandrawati, S.R. (2010). Pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 8 (2), 72-181.
Hakim, A.B., (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2(1).
Isman, Mhd. 2016. Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education. 586.
Jamaludin, D., et al. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Kusnandar. (2012). Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: Rajawali Press.
Martiani Dwi, (2021). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Recount Text. Journal of English Language Teaching, Linguistics and Literature, Vol.4 No.2, pp 52-60.
Moleong, L. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mutia, Intan dan Leonard. 2013. Kajian Penerapan E-learning Dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta,6(4). 282
Napratilora, Martina, et.al. 2020. Using WhatsApp as a Learning Media in Teaching Reading. Jurnal Kependidikan MI, Vol 6(2).
Ratnawati, Franciska Ayuningsih.2020. Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Selama Pandemi Dengan Aplikasi Google Classroom Pada Materi Usaha dan Energi. Volume 5 No. 1. 49-55.
Syarifudin, Albitar Septian. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Metalingua (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Volume 5 No 1, 31-34.
Putra,Made. 2020. Kurang Efisiennya Pembelajaran Daring/E-Learning.3
Taniredja, H. Tukiran dkk. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2022-04-14