PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI EXPLANATION TEXT DI MAN PEKALONGAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya respon siswa dan pengaruh penerapan pembelajaran daring dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris pada materi Explanation Text pada siswa kelas XI Agama MAN Pekalongan . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara daring dengan e-learning dan Group Whatsapp. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI Agama MAN Pekalongan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020, dan objek penelitian ini adalah memahami materi Explanation Text dan respon siswa terhadap pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan dua siklus untuk meningkatkan kemampuan menganalisis Explanation Text melalui empat tahapan proses kegiatan yang meliputi: perencanaan, tindakan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan (1) penerapan pembelajaran daring dapat meningkatkan kemampuan pemahaman materi Explanation Text pada siswa. (2) ada respon siswa terhadap penerapan pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan pemahaman materi Explanation Text pada siswa.
Kata Kunci : pembelajaran daring, Explanation Text, Bahasa Inggris
References
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmed, Sabri TS. 2019. WhatsApp and Learn English: a Study of the Effectiveness of WhatsApp in Developing Reading and Writing Skills in English. ELS Journal onInterdisciplinary Studies on Humanities. Vol 2 Issue 2.
Afnibar, & Fajriani, Dila. (2020). Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Komunikasi antara Dosen dan Mahasiswa dalam Menunjang Kegiatan Belajar. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. Vol 11(1).
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 5 (02), 11-16.
Bawelle, C. F.N., Lintong, F., & Rumampak, J. (2016) Hubungan penggunaan smartphone dengan fungsi penglihatan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado angkatan 2016. Jurnal E-Biomedik, 4(2), 0-5.
Bilfaqih, Y. (2015). Esensi pengembangan pembelajran daring. Yogyakarta: Deepublish.
Chandrawati, S.R. (2010). Pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 8 (2), 72-181.
Hakim, A.B., (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2(1).
Isman, Mhd. 2016. Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education. 586.
Jamaludin, D., et al. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Kusnandar. (2012). Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: Rajawali Press.
Martiani Dwi, (2021). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Recount Text. Journal of English Language Teaching, Linguistics and Literature, Vol.4 No.2, pp 52-60.
Moleong, L. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mutia, Intan dan Leonard. 2013. Kajian Penerapan E-learning Dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta,6(4). 282
Napratilora, Martina, et.al. 2020. Using WhatsApp as a Learning Media in Teaching Reading. Jurnal Kependidikan MI, Vol 6(2).
Ratnawati, Franciska Ayuningsih.2020. Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Selama Pandemi Dengan Aplikasi Google Classroom Pada Materi Usaha dan Energi. Volume 5 No. 1. 49-55.
Syarifudin, Albitar Septian. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Metalingua (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Volume 5 No 1, 31-34.
Putra,Made. 2020. Kurang Efisiennya Pembelajaran Daring/E-Learning.3
Taniredja, H. Tukiran dkk. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.