BENTUK PENILAIAN TUGAS PEMBELAJARAN SASTRA PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS VIII SMP NEGERI 2 UNGARAN

  • Larasaji Narindri Arumda, Lusiana Agustina, Deby Luriawati Naryatmojo, dan Subyantoro Universitas Pancasakti Tegal
Keywords: Kata Kunci: Bentuk penilaian tugas, Pembelajaran sastra, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penilaian tugas pembelajaran sastra pada RPP Kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran dengan memperhatikan kekurangan dan kelebihannya serta merekonstruksi bentuk penilaian tugas pembelajaran sastra. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran kompetensi dasar 3.11 dan 4.11. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk penilaian tugas pembelajaran sastra sudah sesuai dan efektif dalam proses pembelajaran. Hal ini didasarkan pada pemilihan bentuk tugas penilaian berupa lembar kerja peserta didik atau worksheet. LKPD (lembar kerja peserta didik) dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut sudah relevan dengan tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum 2013.

Kata Kunci: Bentuk penilaian tugas, Pembelajaran sastra, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

References

Agustin, Ina. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Tuna Rungu di SDN Inklusi. ELSE (Elementary) School Education Journal), 3(1): 37-43.
Ansari, Khairil. (2018). Penilaian Pembelajaran Sastra Indonesia Berketerampilan Pikir Taraf Tinggi (HOTS). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Unimed, 21-34.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azizah, S. (2018). Implementasi Penilaian Hasil Belajar Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Berdasarkan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 di SMPN 1 Pamekasan. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 15(1), 125-148.
Endraswara, Suwardi. (2005). Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka.
Febriani, Meina. (2016). Pemanfaatan Lembar Kerja Mahasiswa untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa: Studi Penerapan Lesson Study pada Mata Kuliah Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16 (1): 203-212.
Moleong, L.J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasrin, Susandi, & Yunita Anas S.(2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, dan Pembelajarannya (Salinga), 1(1).
Nurgiyantoro, Burhan. (2004). Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. DIKSI, 11(1), 91-116.
Novriany, Syilvia., Nurhayati., & Mulyadi Eko Purnomo. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Apresiasi Novel Berbasis Pendidikan Karakter untuk Peserta didik Kelas XI SMK Negeri Sumsel Palembang. BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1): 58-67.
Purwahida, Rahmah., Suminto A. Sayuti., & Esti Swastika Sari. (2010). Pembelajaran Sastra di Kelas X Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMA Negeri 8 Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 11(1): 18-30.
Susanti, Rini Dwi. (2015). Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. ELEMENTARY, 3(1): 136-155.
Taum, Yoseph Yapi. (2017). Pembelajaran Sastra Berbasis Teks: Peluang dan Tantangan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, 11(1): 12-22.
Nurgiyantoro, Burhan. (2004). Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. DIKSI, 11(1), 91-116.
Novriany, Syilvia., Nurhayati., & Mulyadi Eko Purnomo. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Apresiasi Novel Berbasis Pendidikan Karakter untuk Peserta didik Kelas XI SMK Negeri Sumsel Palembang. BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1): 58-67.
Purwahida, Rahmah., Suminto A. Sayuti., & Esti Swastika Sari. (2010). Pembelajaran Sastra di Kelas X Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMA Negeri 8 Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 11(1): 18-30.
Susanti, Rini Dwi. (2015). Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. ELEMENTARY, 3(1): 136-155.
Taum, Yoseph Yapi. (2017). Pembelajaran Sastra Berbasis Teks: Peluang dan Tantangan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, 11(1): 12-22.
Published
2022-04-09