PENGARUH PENYEBARAN COVID-19 TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN

  • Nur Laila Molla dan Yuvita fkip pbi UPS

Abstract

COVID-19 merupakan wabah yang sangat memilukan bagi seluruh penduduk di
bumi. Seluruh segmen kehidupan manusia di bumi terganggu, tanpa kecuali
pendidikan. Banyak negara memutuskan menutup sekolah, perguruan tinggi
maupun universitas, termasuk Indonesia. Krisis benar-benar datang tiba-tiba,
pemerintah di belahan bumi manapun termasuk Indonesia harus mengambil
keputusan yang pahit menutup sekolah untuk mengurangi kontak orang-orang
secara masif dan untuk menyelamatkan hidup atau tetap harus membuka sekolah
dalam rangka survive para pekerja dalam menjaga keberlangsungan ekonomi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penyebaran covid-19
terhadap dunia pendidikan. Sampel yang digunakan sebanyak 75 responden.
Metoda pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Alat analisis
yang digunakan untuk pengujian adalah product moment dan determinasi Hasil
pengujian menyebutkan bahwa penyebaran covid-19 berpengaruh positif signifikan
terhadap dunia penididkan. Studi ini menemukan bahwa penyebaran covid-19
berpengaruh terhadap dunia pendidikan.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rinneka Cipta.
Arifin Sitio dan Halomoan Tamba, 2001, Koperasi Teori dan Praktek, Jakarta:Penerbit Erlangga
Badudu-Zein., 2004. Kamus Umum Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka.
Cozby, Paul C. 2009. Methods in Behavioral Research Edisi ke-9. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Crow, Lester D & Crow, Alice. Educational Psychology: Human Development and Learning.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djaali, Mulyono Pudji dan Ramly. 2000. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
Mustakim, H. 2001. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pustaka Pelajar Offset
Jalaludin Rakhmat. 2001, Psikologi Komunikasi. Bandung : Remadja Karya.
Nawawi, Hadari 2001.Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta. Gajah Mada University Press.
Ninik Widayanti. 2001. Manajemen Koperasi. Jakarta : Rineka Cipta.
Purwanto, U. 2002. Cara Mendirikan dan Mengelola Koperasi di Indonesia. Semarang: Aneka Ilmu.
Riduwan. 2004. Statistik untuk Lembaga & Instansi Pemerintah/Swasta.Penerbit Alfabeta : Bandung.
Sudjana, 2005. Metode Statistika: Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sardiman, AM. 2006. Interaksi Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Triguno. 2004. Budaya Kerja Menciptakan Lingkungan Yang Kondusive Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: PT.Golden Trayon Press.
-------------, 2011. Laporan Anggota Tahunan (RAT) Koprasi karyawan Budhi Bhakti Universitas Pancasakti Tegal. http:/www. arti pengertian definisi fungsi dan peranan koperasi Indonesia dan dunia ilmu ekonomi koperasi.com. 03 september 2008
Thorndike, 2010. R.L. & Hagen, E.P. Measurement and Evaluation in Psychology and Education. New York: Jhon Wiley & Son.
Partowisastro, Koestoer. 1983. Dinamika dalam Psikologi Pendidikan. (Jilid I). Jakarta: Erlangga.
Sudjana, Nana. 2010. Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia
Usman, Moh. Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. (Cet. XIV). Ed. II. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Wasty Soemanto. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Winkel, WS. 2006. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Published
2021-04-26