PEMBELAJARAN MENULIS ARTIKEL BERBASIS STRATEGI THINK-TALK-WRITE UNTUK MAHASISWA PBSI UMUS

  • Agnes Apryliana Universitas Muhadi Stiabudi
Keywords: strategi think-talk-write, menulis artikel ilmiah, karangan ilmiah

Abstract

Pembelajaran menulis karangan eksposisi berbasis strategi Think-Talk-Write merupakan kegiatan pembelajaran aktif yang melibatkan siswa dan guru sebagai pelaku pembelajaran. Kemampuan menulis menjadi salah satu pembelajaran yang penting untuk dipelajari oleh mahasiswa. Menerapkan strategi TTW  dalam pembelajaran menulis menjadi salah satu solusi bagi pengajar saat kegiatan pembelajran dimulai. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji keefektifan strategi Think-Talk-Write dalam pembelajaran menulis artikel ilmiah pada mahasiswa PBSI UMUS.Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen kuasi dengan membandingkan dua strategi dalam pembelajaran, yaitu strategi tradisional dan strategi TTW. Subjek uji coba adalah mahasiswa PBSI UMUS semester 6 tahun ajaran 2017/2018 yang diambil secara random. Prosedur penelitian memiliki tiga tahap, yaitu (1) tahap ujicoba instrumen penilaian dan uji normalitas, (2) tahap pembelajaran, (3) tahap uji akhir. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dalam bentuk tertulis.

Published
2019-07-02
Section
Articles