MASKULINITAS IDEAL MELALUI IKLAN “FACIAL WASH” PRIA DI STASIUN TV INDONESIA

  • Vita Sari Universitas Pancasakti Tegal
Keywords: Maskulinitas ideal, hegemoni maskulinitas ideal, representatif maskulinitas ideal

Abstract

Persepsi bahwa maskulinitas itu relatif bebas dari nilai-nilai ideal yang menghegemoni  menyebabkan timbulnya anggapan bahwa konsep maskulinitas itu terbebas dari norma-norma sosial yang bersifat membatasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hegemoni dan representatif maskulinitas ideal dilihat dari iklan facial wash pria. Kajian penelitian yang digunakan adalah pendekatan iklan sebagai teks atau wacana.

Maskulinitas ideal yang dibentuk oleh media masa, yaitu lelaki yang memiliki sifat baik, sopan, ramah, setia, dan romantis. Lelaki ideal juga dituntut memiliki jiwa petualang, pemberani, dan merawat diri guna mempertahankan penampilan. Selain itu lelaki ideal adalah lelaki yang memiliki wujud fisik berupa wajah yang bersih, bebas jerawat, bebas minya, memiliki alis yang tebal, hidung yang manjung, tatapan mata yang tajam, dan rahang yang kuat, serta lelaki ideal adalah lelaki yang memiliki tubuh tegap dan berotot.

Published
2019-05-16
Section
Articles