TRANSFORMASI PANTUN DI ERA TEKNOLOGI PERAN DAN MANFAAT AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)

Main Article Content

Fitri Norma Akumala
Fina Rizki Lazari
Ira Sofianti

Abstract

Penelitian ini mengkaji transformasi pantun melalui implementasi kecerdasan buatan (AI) dalam konteks perkembangan teknologi digital. Studi dilakukan melalui metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan analisis komparatif. Kecerdasan buatan (AI) telah membawa perubahan yang secara langsung di berbagai bidang manapun, termasuk sastra. Salah satu bentuk karya sastra yang telah dapat manfaat dari pada perkembangan AI ialah pantun, dengan bantuan AI pembuatan pantun dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Proses pembuatan pantun secara manual memerlukan pemahaman yang mendalam tentang aturan-aturan yang berlaku dalam pembuatan pantun, terutama pada pantun klasik. Pantun klasik terikat dengan aturan-aturan  seperti 4 baris dalam satu bait, setiap satu baris memiliki 8-12 suku kata dan bersajak a-b-a-b.  Baris pertama dan kedua berupa sampiran,sedangkan baris ketiga dan keempat berisi isi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI memiliki potensi signifikan dalam menghasilkan, menganalisis, dan mengembangkan pantun dengan mempertahankan struktur tradisional sambil membuka ruang kreativitas baru. Temuan mengindikasikan bahwa teknologi AI dapat menjadi instrumen penting dalam pelestarian dan inovasi sastra tradisional, tanpa menghilangkan esensi budaya asli.

Article Details

Section
Articles

References

Ahsan, M., Rizal, S., Faizi, A., Kholiq, A., Azizan, Y. R., Surabaya, U. N., & Malang, U. A. (2024). Masa Depan Sastra Di Era Digital : Kajian Sastra Sibernetik. 4, 7574–7590.
Fitri, W. A., & Dilia, M. H. H. (2024). Optimalisasi Teknologi AI dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54.
Gleneagles, D. B., Larasyifa, F., & Fawaiz, R. (2024). Peran Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Efisiensi Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(5), 107–116. https://doi.org/10.5281/zenodo.11364580
Hindra Kurniawan, Adiguna Sasama W.U, & Tambunan, R. W. (2024). Potensi AI dalam Meningkatkan Kreativitas dan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 5(1), 10–17. https://doi.org/10.46510/jami.v5i1.285
Hussain, E. M., Ahmad, M., Ahmad, M., Fauzan, M., & Jam, M. (2023). PENCIPTAAN PANTUN MENGGUNAKAN APLIKASI CHATGPT : SUATU. May 2024, 0–5.
Muarif, J. A., Jihad, F. A., Alfadli, M. I., & Setiabudi, D. I. (2023). Hubungan Perkembangan Teknologi Ai Terhadap Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 53–60. http://jurnal.anfa.co.id/

Nur, H., Suwandi, S., & Wardani, N. E. (2024). Pantun in the classical and Digital Malay Era: A phenomenological study. Research Journal in Advanced Humanities, 5(1). https://doi.org/10.58256/fytw0v24
Shamsul Ariffin, D. A. H., & Ain, R. (2023). Potensi Kecerdasan Buatan dalam Proses Kreatif Puisi Melayu. Advances in Humanities and Contemporary Studies, 4(2), 190–197. https://doi.org/10.30880/ahcs.2023.04.02.019
Yoga, S. N. (2024). Pembelajaran Pantun Dan Dampaknya Dalam Pembentukan Karakter Siswa. 2(2).
Hayles, N. K. (1999). How we became posthuman: Virtual bodies in cybernetics, literature, and informatics. University of Chicago Press.