Eskalasi Keterampilan Menulis Puisi melalui Emo-Therapy (Emotional-Awareness) Tingkat SMP

Main Article Content

Mardiana Astuti
Parmin
Anik Ambarwati

Abstract

Rendahnya keterampilan menulis puisi pada siswa SMPN 36 Surabaya karena kurangnya pengalaman, minimnya kosakata, dan kesulitan memilih tema. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui emo-therapy. Siswa menuliskan puisi dengan menuangkan emosinya baik emosi positif maupun negatif. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang peneliti dasari dalam teori kesadaran emosional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi mewawancarai, mengamati, dan mendokumentasikan, sedangkan teknik analisis data berupa mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan keberhasilan karena adanya peningkatan dalam menulis puisi pada setiap siklus. Perubahan nilai yang menonjol pada setiap siklus membuktikan bahwa penggunaan metode emo-therapy cukup efektif dilaksanakan untuk siswa SMP kelas 8F. Penggunaan metode tersebut guna menyadari emosional dalam diri siswa agar dapat melakukan tindakan yang berpengaruh positif terhadap dirinya maupun lingkungan.


Kata Kunci: emo-therapy, menulis, puisi, keterampilan

Article Details

Section
Articles

References

Ahmadi, A. (2021). Creative Writing Among Chinese Teachers: An Overview of Phenomenological Psychology. Jurnal Disastri, 3(2), 105-111. https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/disastri/article/view/1786/1202
Andhika, dkk. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Menulis Puisi Bebas melalui Model Pembelajaran Picture and Picture pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Basastra.https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/9971/7356
Amalia, N., dkk. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Sugesti Imajinasi terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 48 Jakarta. Jurnal Metamorfosa, 8(1), 1-12. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i1.333
Amilia, W., dkk. 2022). Art Therapy As Children Trauma Healing Post-Disaster Of Mount Semeru. UNEJ e-Proceeding. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/32239/11521
Apriliana, A. (2022). Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Smp Islam Al Kautsar. Jurnal Impresi Indonesia, 1(6), 594-603. https://doi.org/10.58344/jii.v1i6.76
Astuty, A., dkk. (2021). Peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik kata kunci. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(2), 494-499. https://doi.org/10.58344/jii.v1i6.76
Attiyah Razak, dkk. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Prosa Sederhana Berbasis Emosi pada Siswa Kelas V Sdn 09 Mattekko Kota Palopo (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo). https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.963
Cahyanti, dkk. (2021). Upaya Meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui teknik akrostik berbantuan media audiovisual. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 199-208). https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1299/895
Dewi, K. Y. F., dkk. (2023). Pelatihan Tehnik-Tehnik Menumbuhkan Self-Awareness (Kesadaran Diri) bagi Para Guru di SMPN 1 Seririt. Jnana Karya. https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/JK/article/view/1641/995
Dirham, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Inpres Batulappa Kabupaten Barru melalui Sistem Pembelajaran Emosional. Jurnal Konfiks. https://doi.org/10.26618/konfiks.v6i1.151
Fernanda, dkk. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Sugesti Imajinasi pada Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3614
Gunadi, dkk. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas dengan Metode Experiential Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.1.2023.2351
Kartini, K. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Media Gambar dan Glosarium Diksi Peserta Didik SMPN 6 Bontang. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(2), 331-352. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i2.177
Kasri, K. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN Bringin 1 Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi Melalui Strategi Observasi Lingkungan. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 7(1), 45-50. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/1267/1142
Khoiriyah, dkk. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Permainan Sambung Kata Pada-Siswa-Kelas X. LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.60155/leksis.v3i2.351
Maulidah, T. (2020). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan media gambar. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 2(01), 64-70. https://doi.org/10.55273/karangan.v2i01.46
Meirisa, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Siswa Kelas V SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2807-2812. https://dx.doi.org/10.47492/jip.v2i8.1175
Munir, S. (2013). Diksi dan majas dalam kumpulan puisi Nyanyian dalam Kelam karya Sutikno WS: Kajian stilistika. Jurnal sastra indonesia, 2(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/jsi/article/view/2437/2238
Mu’min, dkk. (2022). Peningkatan Menulis Puisi dengan Menggunakan Model Taba pada Siswa Kelas V SD Negeri Inpres 164 Taipa Kabupaten Takalar (Doctoral Dissertation, Universitas Bosowa).
Murniviyanti, dkk. (2002). Penerapan Model Bengkel Sastra dalam Membentuk Emosi Positif pada Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jakarta: Jurnal BASICEDU. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2772
Nurgiyanto, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM.
Parapat, L. H., dkk. (2022). Buku Ajar Menulis & Berbicara Produktif. Cv: Azka Pustaka.
Pitaloka, dkk. (2020). Seni Mengenal Puisi. Guepedia.
Purwanti, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD UNESA. VI (5), 847. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23818
Putri, W. L., & Widihastrini, F. (2014). Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui metode mind mapping dengan media audiovisual. Joyful Learning Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/jlj.v3i2.5901
RIH, dkk. (2021). Menulis Puisi Untuk Mereduksi Stres Pada Remaja Di SMA X Kabupaten Malang. PSIKOVIDYA, 25(2), 63-73. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v25i2.188
Saepuloh, dkk. (2021). Media Pembelajaran Podcast Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah, 10(2), 107-116. https://bit.ly/3W2NRwj
Somadana, W. (2021). Implementasi Teknik Beriur Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(1), 124-132. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.12200
Susanti, dkk. (2020). Terapi menulis ekspresif sebagai upaya menurunkan perilaku agresif siswa sekolah menengah pertama. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 1(1), 27-32. https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i1.6
Susanto, S. (2019). Peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas III SDN Bringin 1 Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi dengan menggunakan teknik akrostik. Jurnal Pendidikan Modern, 4(3), 28-36. https://doi.org/10.37471/jpm.v4i3.11
Tarigan, Henry G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Winarni, dkk. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Kreatif Bermuatan Pendidikan Budi Pekerti Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Melalui Hybrid Learning. Widya Laksana, 11(1), 98-105. https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.37151
Yusman, dkk. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas V. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 48-52. https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2427