Pembelajaran Menulis Puisi Berwawasan Lingkungan dalam Pembentukan Karakter Siswa SMA

Pembelajaran Menulis Puisi

  • Sutikno Teacher
  • Dwi Atmoko
Keywords: pembelajaran menulis puisi, lingkungan, karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran menulis puisi berwawasan ligkungan agar dapat membentuk karakter di SMA Wanasari, Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah. Manfaat penelitian ini agar dapat digunakan sebagai bahan acuan pembelajaran menulis puisi berwawasan lingkungan juga membantu pencapaian indikator kompetensi menulis puisi, meningkatkan daya imajinasi dan penalaran para siswa.

Metode penelitian ini menggunakan bentuk deskripsif kualitatif naturalistik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wwancara, dan analisis dokumen. Adapun data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian observasi dalam pembelajaran menunjukkan pembelajaran menulis puisi masih bersifat teoritis. Setelah menerapkan pembelajaran menulis puisi berwawasan lingkungan, para siswa aktif, kreatif memanfaatkan lingkungan sebagai sumber inspirasi dan imajinasi mewujudkan nilai-nilai karakter dalam berkarya puisi.

References

Ismawati, E. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak
Koesoema. A. Doni. 2007. Pendidikan Karakter Solusi yang dapat Membangun Bangsa. Jakarta: Grasindo

Megawati, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter Solusi yang dapat Membangun Bangsa. Jakarta: IHF-Star Energy Ltd.

Moleong. L. J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif . Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Muin, Fatchul. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA

Mulatsik, M.V.E. 2018. Learning Poetry AS A Strategy To Develop Students Teaching Skills. International Journal Of Indonesian Education and Teaching.2 (2) 120-128

Mulyaningsih. 2016. Model Pembelajaran Menulis Ilmiah Berbasis PARMI (Produks, Atensi, Retensi, Motivasi, dan Inovasi) dan Penerapannya. Confident: Cirebon

Mulyono, Tri. 2007. Model Gordon dan Model Ceramah Bervariasi dalam Pembelajaran Puisi. Tesis Magister pada PPS Unnes Semarang: Tidak diterbitkan

Pradopo. Rachmat Djoko. 2005. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Rohmadi, M. 2012. Menjadi Guru Profesional dan Berkarakter, Surakarta: Yuma Pustaka

Rustono. 1998. Strategi Mengajar Masa Kini. Semarang: IKIP Semarang Press

Rusyana. 1984. Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: Diponegoro

Sudjana, N. dan Suwariyah, W. 1991. Model-Model Mengajar CBSA. Bandung:Alfabeta

Sudjiman, Panuti. 1986. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Renika Cipta

Triyanto. 2018. Improving Student Interest in Poetry Writing Learning by Using Technique Lingua Didaktika. 12 (1) 34-44

Usman, MU. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Vijayarajoo, A.R.Yatim. 2019. Poetricks, A. Game to Engage Malaysian Scondary School Est. Learners in Understanding Poetry social and Management Reseach Journal 16 (1) 55-72

Waluyo, Herman. J. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Published
2024-04-30