PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERWAWASAN LINGKUNGANDALAM PEMBENTUKAN KAREKTER SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran menulis puisi berwawasan ligkungan agar dapat membentuk karakter di SMA Wanasari, Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah. Manfaat penelitian ini agar dapat digunakan sebagai bahan acuan pembelajaran menulis puisi berwawasan lingkungan juga membantu pencapaian indikator kompetensi menulis puisi, meningkatkan daya imajinasi dan penalaran para siswa.
Metode penelitian ini menggunakan bentuk deskripsif kualitatif naturalistik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wwancara, dan analisis dokumen. Adapun data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian observasi dalam pembelajaran menunjukkan pembelajaran menulis puisi masih bersifat teoritis. Setelah menerapkan pembelajaran menulis puisi berwawasan lingkungan, para siswa aktif, kreatif memanfaatkan lingkungan sebagai sumber inspirasi dan imajinasi mewujudkan nilai-nilai karakter dalam berkarya puisi.
References
Koesoema. A. Doni. 2007. Pendidikan Karakter Solusi yang dapat Membangun Bangsa. Jakarta: Grasindo
Megawati, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter Solusi yang dapat Membangun Bangsa. Jakarta: IHF-Star Energy Ltd.
Moleong. L. J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif . Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya
Muin, Fatchul. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA
Mulatsik, M.V.E. 2018. Learning Poetry AS A Strategy To Develop Students Teaching Skills. International Journal Of Indonesian Education and Teaching.2 (2) 120-128
Mulyaningsih. 2016. Model Pembelajaran Menulis Ilmiah Berbasis PARMI (Produks, Atensi, Retensi, Motivasi, dan Inovasi) dan Penerapannya. Confident: Cirebon
Mulyono, Tri. 2007. Model Gordon dan Model Ceramah Bervariasi dalam Pembelajaran Puisi. Tesis Magister pada PPS Unnes Semarang: Tidak diterbitkan
Pradopo. Rachmat Djoko. 2005. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Rohmadi, M. 2012. Menjadi Guru Profesional dan Berkarakter, Surakarta: Yuma Pustaka
Rustono. 1998. Strategi Mengajar Masa Kini. Semarang: IKIP Semarang Press
Rusyana. 1984. Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: Diponegoro
Sudjana, N. dan Suwariyah, W. 1991. Model-Model Mengajar CBSA. Bandung:Alfabeta
Sudjiman, Panuti. 1986. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Renika Cipta
Triyanto. 2018. Improving Student Interest in Poetry Writing Learning by Using Technique Lingua Didaktika. 12 (1) 34-44
Usman, MU. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Vijayarajoo, A.R.Yatim. 2019. Poetricks, A. Game to Engage Malaysian Scondary School Est. Learners in Understanding Poetry social and Management Reseach Journal 16 (1) 55-72
Waluyo, Herman. J. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama