PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS APLIKASI CANVA TERINTEGRASI FLIPBOOK UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN

PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN

  • Cinta Asih, Burhan Eko Purwanto, dan Tri Mulyono UPS
Keywords: pengembangan media pembelajaran,  pembelajaran digital berbasis aplikasi canva terintegrasi flipbook, ppembelajaran menulis cerpen

Abstract

. Tujuan  dalam penelitian ini,  Tujuan secara umum adala pengembangan media pembelajaran ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis cerpen pada tingkat SMP sederajat yang dapat diakses pada perangkat mobile atau PC. Sedangkan tujuan khusus pengembangan ini adalah sebagai mengembangkan media pembelajaran digital berbasis aplikasi canva terintegrasi flipbooks untuk pembelajaran menulis cerpen. menngetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran digital berbasis aplikasi Canva terintegrasi flipbook untuk pembelajaran menulis cerpen.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dan pengembangan adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada dan dapat dipertanggung jawabkan. Penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan diawali adanya kebutuhan permasalahan yang membutuhkan pemecahan dengan menggunakan suatu produk tertentu (Sugiyono, 2017:26) Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran yang didesain melalui aplikasi Canva pada materi menulis cerpen.Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996) untuk merancang sistem pembelajaran, yang terdiri atas lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development or production  (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (Evaluasi) (Sugiyono, 2016: 38 ).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran digital berbasis aplikasi Canva terintegrasi flipbook untuk pembelajaran menulis cerpen didesain dengan menggunakan aplikasi Canva dan dukungan aplikasi fliphtml15.  Media terdiri atas tiga bagian yaitu bagian awal yang mencakup ucapan selamat datang dan judul media. Bagian isi yang memuat kompetensi pembelajaran, konsep materi, pemodelan, latihan bersama, dan latihan mandiri. Serta bagian penutup yang berisi ucapan terima kasih dan motivasi. Media pembelajaran dapat diakses melalui smartphone dan dapat digunakan baik untuk pembelajaran secara tatap muka di dalam kelas maupun pembelajaran mandiri. Berdasarkan uji kelayakan media yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, diperoleh hasil rata-rata skor skor 64 dari ahli materi dan 80,5 dari ahli media. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen. Berdasarkan hasil uji coba produk skala kecil diperoleh rata-rata skor 36 dan skala besar dengan rata-rata skor 37. Kedua hasil uji coba produk menyatakan bahwa media sangat layak digunakan. Media pembelajaran digital berbasis aplikasi Canva terintegrasi flipbook terbukti efektif untuk pembelajaran menulis cerpen. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji efektivitas melalui pretes dan postes siswa dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa rerata nilai postes menulis cerpen siswa lebih tinggi dibandingkan nilai pretes. Ada perbedaan yang signifikan terhadap penggunaan media pembelajaran. Hasil pembelajaran menulis cerpen siswa lebih tinggi setelah penggunaan media pembelajaran. Hasil ini dipertegas dengan hasil uji hipotesis yang menolak Ho karena t hitung > t tabel.

Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, peneliti menyampaikan saran yaitu penelitian ini menghasilkan media pembelajaran digital yang sangat layak dan mudah digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen. Media dapat digunakan baik secara mandiri ataupun dalam proses pembelajaran tatap muka di dalam kelas. Namun demikian, peneliti yang berminat melanjutkan penelitian ini dapat melakukan penyempurnaan dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi pendukung yang lebih menarik dan lebih canggih serta mudah dalam mengaksesnya sertaUntuk meningkatkan efektivitas media pembelajaran, perlu penelitian lanjutan dengan subjek penelitian yang lebih banyak sehingga hasil yang didapatkan menjadi lebih valid.

 

 

 

References

Ade Novita Sari dan Nurmaidah. 2020. Cara Mudah Memahami Teks Prosedur. Guepedia.
Akrim, M. 2018. Media Learning in Digital Era. 231(Amca), 458–460. Diakses dari https://doi.org/10.2991/amca-18.2018.127
Alwan, Muhammad. 2017. Pengembangan Model Blended Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo Untuk Mata Pelajaran Geografi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 4(1):65-76.
Anisa Ulfah (2017) dengan judul “ Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Menulis Teks Cerpen”. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol. 4 No.1 2017 diakses dari https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JIBS/article/view/1946
Ariani, Niken dan Dany Haryanto. 2010. Pembelajaran Multi Media di Sekolah: Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Atalay, R. 2015. “The Education and the Human Capital to Get Rid of the Middle-income Trap and to Provide the Economic Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences”. 174. 969–976. ISSN: 18770428. Diakses dari https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.720
Bardi dan Jailani. 2015. Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 2(1):49-63.
Cecep Kustandi, Darmawan, Daddy. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Cooper, J.D. 1993. Literacy: Halping Children Construct Meaning. Boston Toronto: Hougton Miffin Company.
Nurhayati, & Febriyanti, A. N. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Komik Di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 10 Kota Jambi. ISTORIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah …, 107–121. Diakses dari http://istoria.unbari.ac.id/index.php/OJSISTORIA/article/view/44. pada tanggal 1 Agustus 2022 pukul 17.15.
Darmawan, Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran (Edisi ke-2 Revisi). Yogyakarta: Gava Media.
Dina Rahmadhanti dan Diyan Permata Yandi. 2022. Pembelajaran Menulis Teks: Suatu Pendekatan Kognitif. Yogyakarta: Deepublish.
Garris Pelangi. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020 diakses dari http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354/5361 tgl 31 Juli pkl 22.47
Hari Wibowo. 2018. Model dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia: Suatu Pendekatan Kognitif. Depok: Puri Cipta Media.
Hudana dan Sulaiman (2019) berjudul “ Pengembangan Media Video Scribe dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Berbasis Pendidikan Karakter pada Siswa SMA”. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Diakses dari https://onlinejournal.unja.ac.id/pena/article/view/6839
Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif: Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Model Silabus Mata Pelajaan Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta: Kemendikbud.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Bahasa Indonesia Kelas 9. Jakarta: CV Bumi Pustaka
Kette, E. S. S., Pratiwi, Y., & Sunoto, S. (2016). Pengembangan Bahan Pelatihan Menulis Cerita Pendek Bermuatan Nilai Karakter untuk Guru SMP Negeri Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Se-Kota Kupang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 698- 704.
Khulsum, Hudiyono, dan Sulistyowati (2018) dengan judul “ Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA”. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1-12. Diperoleh dari http://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/4
Krisnawati, Titik. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran Biologi di SMA. Jurnal Ilmiah Guru “COPE” 2(18):1-7.
Kuring Ilyas. 2016. “Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman”. Diakses dari http://kuringilyas.blogspot.com/2016/02/menulis-cerpen-berdasarkan-pengalaman.html pada tanggal 15 Maret 2023
Kuswandari, Rr. Eny dan Suryanto. 2015. Aplikasi Model Component Display Theory (Cdt) Dalam Pengembangan Multimedia Interaktif Matakuliah Jaringan Komputer. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 2(2):179-189.
Leryan, L. P. A., Damringtyas, C. P., Hutomo, M. P., & Printina, B. I. 2018. “The Use of Canva Application As an Innovative Presentation Media Learning History”. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018, 190–203. Diakses dari https://doi.org/10.24071/snfkip.2018.20
Maman suryaman. 2010. “Media Pembelajaran Bahasa Indonesia”. disajikan pada workshop pengembangan kompetensi guru SMK di DIY 28 juli 2010 Diakses dari http://staffnew.uny.ac.id pada tgl 30 Juli 2022 pukul 11.50
Mawarni, Sella dan Ali Muhtadi. 2017. Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 4(1):84-96.
Mokhamad. 2020. Fungsi Media Pembelajaran Menurut Para Ahli Pendidikan diakses dari https://www.haruspintar.com/fungsi-media-pembelajaran/ pada tanggal 30 Juli 2022 pukul 06.35.
Muhibinsyah.2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nugraha, Rahmad Agung. 2019. “Model – Model Self Regulated Learning Dalam Meningkat Prestasi Akademik Siswa”. Tegal : Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal.
Nugraha, Rahmad Agung., Degeng, I Nyoman Sudana., Hanurawan, Fattah., Chusniah, Tutut. 2017. “ The Effect Of Self-Regulated Learning On High School Students’ Self-Efficacy”. International Journal Of Development Research. 7 (07), 13612-13617. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/340446492_the_effect_of_self-regulated_learning_on_high_school_students%27_self-efficacy pada tanggal 30 Juli 2022 pukul 07.35.

Nurgiantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarya: Gadjah Mada University Press
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.
Nuryatin dan Irawati. 2016. Pembelajaran Menulis Cerpen. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Priyatni, Endah. 2014. Landasan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sadiman, Arief S., dkk. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sadiman, A.S, dkk. (2014). Media pendidikan :Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Sartika. 2022. Prosedur Pemilihan media…
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siswanto, W. 2014. Cara Menulis Cerita. Malang: Aditya Media Publishing.
Soeparno, Paul.1997. Filsafat Kontruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius
Subakti, Y. R. (2010). Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivisme. SPSS, 24(1). Diakses dari http://scholar.google.co.id/citations?user=peAsE28AAAAJ&hl=en. Pada tanggal 25 Juli 2022 pukul 19.19.
Sudjana, N, Rivai, A. (2015). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Susilana R dan Riyana C. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Sutrisno. 2020. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahli Media Press.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika. Vol. 7(2).
Taufiqur Rahman. 2018. Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Semarang: CV Pilar Nusantara.
Tiurma, L., & Retnawati, H. 2014. Keefektifan Pembelajaran Multimedia Materi Dimensi Tiga Ditinjau Dari Prestasi dan Minat Belajar Matematika di SMA. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2), 104845. Diakses dari https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5230. Pada pukul 25 Juli 2022 pukul 19.43.
Ulfah, D. M., & Soenarto, S. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Video dan Gambar terhadap Keterampilan Menulis Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 22-34
Yudhi Munadi. 2013. Media Pembelajaran ( Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.
Yundayani, A., Susilawati, & Chairunnisa. 2019. Investigating The Effect Of Canva On Students’ Writing Skills. Creative Education. 7(2). 151–155. 120 diakses dari https://doi.org/10.4236/ce.2019.101011. Pada tanggal 26 Juli 2022 pukul 19.56.
Published
2024-04-30