PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI INDIVIDUAL TERHADAP GURU SMPN 4 PEKALONGAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berjudul: “Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Individual Terhadap Guru SMPN 4 Pekalongan”.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Individual Terhadap Guru SMPN 4 Pekalongan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Supervisi Individual dapat meningkatkan Kinerja Guru SMPN 4 Pekalongan.
Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi para Kepala Sekolah yang mengalami kesulitan yang sama maka dapat menggunakan Supervisi Individual sebagai solusinya. (2) Agar penerapan Supervisi Individual mendapatkan hasil yang maksimal diharapkan Kepala Sekolah melaksanakan Supervisi Individual secara intensif dan berkelanjutan