KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK USIA 9 TAHUN

  • SyaimahKusnari Putri, Yuanita Fitriyana, dan Dona Aji Karunia Putra UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: storytelling skills, language development, psycholinguistics.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bercerita pada anak usia 9 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari tiga anak usia 9 tahun berinisial NAR, LP dan MA. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara peneliti memberikan objek gambar kepada anak, kemudian anak menceritakan objek gambar yang diberikan sesuai dengan kemampuan dan pengalamannya. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah dengan membaca, menyimak, dan mencatat. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa anak usia 9 tahun memiliki kemampuan menulis cerita berdasarkan pengalaman pribadi sesuai dengan objek yang diberikan peneliti, seperti mampu menulis cerita dengan ejaan yang baik, mengetahui isi objek gambar, dan mampu menerapkan tata krama yang harus dilakukan di dalam objek gambar. Hal inilah yang membuat anak usia 9 tahun mampu menulis cerita dengan baik dan terstruktur.

References

Evayani, Rahmaputri Windu, dkk. 2016.
Peningkatan Kemampuan Bercerita Anak melalui Media Papan Flanel. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II.

Firdaus. 2017. Bahasa Indonesia sebagai
Alat Komunikasi dan Fungsi Menulis Teks Deskripsi dalam Lingkungan Sekolah. Dalam file:///C:/Users/moh%20syarif/Downloads/Bahasa%20Indonesia%20Sebagai%20Alat%20Komunikasi%20Dan%20Fungsi%20Menulis%20Teks%20Deskripsi.pdf. Diunduh pada 24 Oktober 2022 Pukul 14.16 WIB.

Ilham dan Iva. 2020. Keterampilan
Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Indah. Tri, dan Rakhmat. 2019.
Pemerolehan Bahasa Anak Periode Linguistik. Jurnal Artikula. 2(2). 1-7

Kusumastuti, Adhi., dan Ahmad Mustamil
Khoiron. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Mulyati, Yeti. E-Modul Hakikat
Keterampilan Berbahasa. Dalam file:///E:/JURNAL%20PSIKOLINGUISTIK/PDGK4101-M1.pdf. Diunduh pada 3 Desember 2022 pukul 1:51 WIB.

Nurjanah, Ayu Putri., dan Gita Anggraini.
2020. Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol. 5. No. 1.

Nuryani, dan Dona Aji Karunia Putra.
2013. Psikolinguistik. Tangerang Selatan: Mazhab Ciputat.

Permatasari, I, dkk., 2019. Pemerolehan
Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. 3(2). 265-273.

Rizqiyani, Revina., dan Nur Azizah. 2018.
Kemampuan Bercerita Anak Usia Prasekolah (5-6 Tahun). Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 7. Edisi 2.

Sandra, Monika. 2021. Mengembangkan
Kemampuan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Gambar Seri di Al Amanah Bandadr Lampung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung.

Sari, Nur Indah., dkk. 2020. Meningkatkan
Kemampuan Bercerita Anak Melalui Media Gambar di Lingkungan Rt 017, Rw 08, Jatinegara, Jakarta Timur. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 3. No.2.

Setyawan, Farid Helmi. 2016.
Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Vol. 3. No. 2.

Subandi. 2011. Deskripsi Kualitatif
sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia: Journal of Arts Research and Education. Vol. 11. No. 2.

Yanti, Zherry Putria. 2022. Kemampuan
Bercerita Pada Anak Usia 6 Tahun (Kajian Psikolinguistik). Jurnal Silistik Dimensi Linguistik. Vol. 2. No. 1.
Published
2023-04-05