ANALISIS CERPEN YANG MENANGIS DI BALIK PELAMINAN KARYA ALDA MUSHI DENGAN PENDEKATAN EKSPRESIF SEBAGAI BAHAN AJAR SMP KELAS IX

  • Esra Perangin-angin Universitas Prima Indonesia http://orcid.org/0000-0003-4240-7071
  • Bella Vacyca Sinaga Univeristas Prima Indonesia
  • Irna Puspa Sari Barus Univeristas Prima Indonesia
  • Melia Br Karo Univeristas Prima Indonesia
  • Sri Dinanta Beru Ginting Politeknik Negeri Lhokseumawe
Keywords: cerpen, pendekatan ekspresif, bahan ajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ekspresi dan proses kreatif pengarang dalam penulisan cerpen Yang Menangis Dibalik Pelaminan karya Aldha Mushi diterbitkan di Toko Buku Obelia pada tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu pengumpulan data dan wawancara. Teknik analisis data, melalui pembacaan berulang, mengumpulkan data terkait ekspresi pengarang dari isi cerita, dialog dan perilaku tokoh sesuai ekspresi pengarang, mendeskripsikan ekspresi pengarang pada tokoh, mengumpulkan informasi yang relevan. Data tentang proses kreatif (wawancara dengan penulis) dan menarik kesimpulan dari temuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan ekspresi penulis berupa keras kepala, takut, marah, kecewa, terkejut, menyesal, sedih, malu, dan enggan mengalah. Hal tersebut dialami oleh tokoh tersebut ketika hendak melangsungkan pernikahan di Medan dengan tradisi adat Aceh. Ditemukannya proses penciptaan cerpen ini, lahirnya cerpen Yang Menangis Dibalik Pelaminan terinspirasi dari penulis melihat semua perencanaan pesta pernikahan adat tradisi Aceh di Medan. Penulis kemudian membuat cerpen Yang Menangis Dibalik Pelaminan dengan mencocokkan wilayah tempat tinggal dan budaya adat tradisi Aceh. 

Author Biography

Esra Perangin-angin, Universitas Prima Indonesia

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Prima Indonesia

References

Armanda, Arie. 2018. Analisis Cerpen Kaki Yang Ajaib Karya Hasan Al Banna Dengan Pendekatan Ekspresif. Medan.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Ginting, S. D. B., Sipayung, J. K., Barus, L. L. B., & Perangin-Angin, E. 2021. Eksplorasi Cerita Nampeken Tulan-Tulan Dalam Suku Karo. Jurnal EduTech Vol, 7(2).

Mushi, Alda. 2019. Yang Lahir Hilang Menangis. Medan: Obelia Publisher.

Perangin-angin, E. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Model Kontekstual Kelas X-1 SMA Free Methodist Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP),1(2), 140-144.

Proses Kreatif dan Teori dalam Intepretasi: Jurnal humaniora.ugm.ac.id. Sugiyono, 2013. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta. Teeuw, A. 1998.

Rosida, Sisi. 2019. Analisis Cerpen Maryam Karya Afrion Dengan Pendekatan Ekspresif. Medan: Jurnal.uisu.ac.id . Diakses pada tanggal 4 september 2022

Semi, M. Atar. 1989. Kritik Sastra. Bandung: Angkasa.

Simbolon, D. R., Perangin-angin, E., & Nduru, S. M. (2022). Analisis Nilai-nilai Religius, Moral, Dan Budaya Pada Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk Karya Hamka Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 50-61.

Siswanto, Dr. Wahyudi. 2011. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo. Sugihastuti.

Waluyo, Herman J. 1994. Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Published
2022-12-07