ABREVIASI DALAM NOVEL HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

  • Intan Puspita Sari , Tri Mulyono, dan Wahyu Asriyani Mahasiswa

Abstract

Kata kunci: abreviasi, novel Hujan Bulan Juni, implikasi pembelajaran di SMA

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis dan proses pembentukan abreviasi dalam novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.

 Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Wujud data dalam penelitian ini berupa kalimat yang di dalamnya terindikasi mengandung kata yang merupakan jenis dari abreviasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode agih dan metode padan. Teknik hasil analisis data yang digunakan yaitu metode informal.

Data yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 41 data. Jenis abreviasi yang banyak digunakan dalam novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono yaitu jenis singkatan dengan 21 data, jenis penggalan 11 data, jenis akronim 8 data, dan jenis lambang huruf hanya ditemukan 1 data, sedangkan jenis kontraksi tidak ditemukan dalam penelitian ini. Hasil peneltian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XII semester ganjil dengan materi yang diajarkan yaitu KD 3.2 mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan dan KD 4.2 menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.

References

HP,Ahmad dan Alek Abdullah. 2013. Linguitik Umum. Jakarta: Erlangga.
Agustine,Ine. 2021. Ensiklopedia Sastra. Jakarta: PT Muliti Kreasi Satudelapan.
Damono, Sapardi Djoko. 2019. Hujan Bulan Juni. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana,Harimurti. 2007. Pembenetukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.
Kushartanti, Untung Yuwono, dan Multamia RMT Lauder. 2009. Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Muhammad. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suryabrata, Sumadi. 1992. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali.
Published
2022-12-06