SEMIOTIK PADA NOVEL RAKSASA DARI JOGJA KARYA DWITASARI

  • Wahyu Asriyani dan Afsun Aulia Nirmala Universitas Pancasakti Tegal
Keywords: Kata kunci: semiotik, novel

Abstract

Abstrak

Novel merupakan bagian dari sastra, novel dapat mengemukakan sesuatu secara bebas, menyajikan sesuatu secara lebih banyak, lebih rinci, lebih ditaill,, dan lebih banyak melibatkan berbagai masalah yang lebih kompleks.  Semiotik adalah ilmu yang mengkaji tanda dalam kehidupan manusia, hal yang paling penting dalam kajian semiotik adalah pengertian tanda itu sendiri, yaitu signified dan significant. Berdasarkan hubungan keduanya ada tiga jenis tanda pokok, yaitu indeks, ikon dan simbol. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan arti novel Raksasa dari Jogja karya Dwitasari berdasarkan aspek semiotik; (2) mendeskripsikan implikasi pembelajaran novel novel Raksasa dari Jogja karya Dwitasari berdasarkan aspek semiotik.

Metode yang digunakan adalah analisis deskripsi, yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian. Sumber data pada penelitain ini adalah novel Raksasa dari Jogja karya Dwitasari terbitan tahun 2013, sedangkan wujud datanya berupa kalimat-kalimat, dan kutipan dialog yang mengandung aspek semiotik.

Penelitian ini membahas aspek semiotik pada novel Raksasa dari Jogja karya Dwitasari yang diimplikasikan terhadap pembelajaran sastra di SMA. Hasil penelitian ini menunjukan ada dua aspek semiotik yang terdapat di dalam novel berdasarkan hubungan antara petanda dan penanda, yaitu indeks dan ikon. Indeks meliputi (1) penggambaran tokoh; (2) pengambaran latar belakang; (3) penggunaan gaya bahasa; dan (4) gejala sosial yang berada di luar karya sastra, sedangkan ikon meliputi monster dan foto.

 

References

Muri Yusuf. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan”. Jakarta : prenadamedia group.

Chaer,Abdul. 2003. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Cetakan Pertama. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2013. MetodePenelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Martinet, Jeanne. 2010. Semiologi Kajian Teori Tanda Saussureaan. Cetakan Pertama.Yogyakarta: Jalasutra.

Wijaksono, Andri. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi. Cetakan Pertama. Online Book
Publishing: Garudhawaca.
Published
2022-11-07