PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUNTING CERPEN MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA SURAT KABAR EDISI MINGGUAN

Main Article Content

Sri Muliatik
Siti Fatimah Zahara
Esra Perangin-angin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) keterampilan menyunting cerpen pada mahasiswa semester V program  studi Bahasa dan Sastra Indonesia di universitas Al–Washliyah Medan, (2) perubahan tingkah laku mahasiswa semester V program  studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Al-Washliyah Medan setelah mengikuti pembelajaran menyunting cerpen melalui metode latihan terbimbing dengan media surat kabar mingguan. Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan menyunting cerpen  mahasiswa dari pratindakan, siklus I sampai pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 12%. Sebelum dilakukannya tindakan, nilai rata-rata klasikal menyunting cerpen sebesar 60,14. Pada siklus I terjadi peningkatan 11%, dengan nilai rata-rata 71,43 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 12%, dengan nilairata-rata kelas sebesar 82,91. Jadi peningkatan keterampilan menyunting cerpen mahasiswa dari pratindakan sampai siklus II sebesar 12%. Peningkatan keterampilan menyunting cerpen mahasiswa ini juga diikuti dengan perubahanperilaku negatif menjadi perilaku positif. Pada siklus II mahasiswa semakin aktif dan senang dalam proses pembelajaran.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Esra Perangin-angin, Universitas Prima Indonesia

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Prima Indonesia

References

Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Azizah, Wiwin,Nur. 2007. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Latihan Terbimbing dengan Media Teks Lagu Siswa Kelas X-7 SMA Negeri Pemalang. Skripsi: FBS Universitas Negeri Semarang.

Djamarah, Syaiful, Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Erlangga.

Eneste, Pamusuk. 2012. Buku Pintar Penyuntingan Naskah. (Edisi Kedua/Revisi). Jakarta: Kompas Gramedia.

http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2069509-pengertian-surat-kabar/#ixzz2EnR9TS9M/diakses:2011/04/25

Koran, http://id.wikipedia.org/wiki/Koran

Muliono, Anto, ed. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi ke-3). Jakarta: Depdiknas.

Nurgiyantoro, Burhan. 2004. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Rahayu, Kiki. 2007. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Teknik Latihan Terbimbing Berdasarkan Ilustrasi Tokoh Idola Siswa Kelas X-4 SMA Negeri 1 Wanadadi Banjarnegara. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Rahardi, Kunjana. 2010. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.

Semi, M, Atar. 1995. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Nusantara.

Suharianto, S. 2002. Dasar-Dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta.

Sumardjo, Jacob, Saini K.M. 1986. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia.


Syamsu, Maopa. 2002. Teori Belajar Journal Of Linguistics. 2 (1), 1-20.

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.

Teeuw, A. 2003. Sastera dan Ilmu Sastera.
Jakarta: Pustaka Jaya.
Orang Dewasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Uchjana, Onong, Effendy. http://all-about-theory.blogspot.com/2010/10/pengertian-surat-kabar.html/diakses:2011/04/25

____________________. http://all-about-theory.blogspot.com/2010/10/pengertian-surat-kabar.html/diakses:2011/04/25

Wibowo, Wahyu. 2009. Menjadi Penulis & Penyunting Sukses. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesastraan Sekolah Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Grasindo.