PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUNTING CERPEN MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA SURAT KABAR EDISI MINGGUAN

Keywords: Keterampilan Menulis Cerpen, Metode Latihan Terbimbing, Media Surat Kabar Mingguan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) keterampilan menyunting cerpen pada mahasiswa semester V program  studi Bahasa dan Sastra Indonesia di universitas Al–Washliyah Medan, (2) perubahan tingkah laku mahasiswa semester V program  studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Al-Washliyah Medan setelah mengikuti pembelajaran menyunting cerpen melalui metode latihan terbimbing dengan media surat kabar mingguan. Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan menyunting cerpen  mahasiswa dari pratindakan, siklus I sampai pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 12%. Sebelum dilakukannya tindakan, nilai rata-rata klasikal menyunting cerpen sebesar 60,14. Pada siklus I terjadi peningkatan 11%, dengan nilai rata-rata 71,43 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 12%, dengan nilairata-rata kelas sebesar 82,91. Jadi peningkatan keterampilan menyunting cerpen mahasiswa dari pratindakan sampai siklus II sebesar 12%. Peningkatan keterampilan menyunting cerpen mahasiswa ini juga diikuti dengan perubahanperilaku negatif menjadi perilaku positif. Pada siklus II mahasiswa semakin aktif dan senang dalam proses pembelajaran.

Author Biography

Esra Perangin-angin, Universitas Prima Indonesia

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Prima Indonesia

References

Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Azizah, Wiwin,Nur. 2007. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Latihan Terbimbing dengan Media Teks Lagu Siswa Kelas X-7 SMA Negeri Pemalang. Skripsi: FBS Universitas Negeri Semarang.

Djamarah, Syaiful, Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Erlangga.

Eneste, Pamusuk. 2012. Buku Pintar Penyuntingan Naskah. (Edisi Kedua/Revisi). Jakarta: Kompas Gramedia.

http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2069509-pengertian-surat-kabar/#ixzz2EnR9TS9M/diakses:2011/04/25

Koran, http://id.wikipedia.org/wiki/Koran

Muliono, Anto, ed. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi ke-3). Jakarta: Depdiknas.

Nurgiyantoro, Burhan. 2004. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Rahayu, Kiki. 2007. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Teknik Latihan Terbimbing Berdasarkan Ilustrasi Tokoh Idola Siswa Kelas X-4 SMA Negeri 1 Wanadadi Banjarnegara. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Rahardi, Kunjana. 2010. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.

Semi, M, Atar. 1995. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Nusantara.

Suharianto, S. 2002. Dasar-Dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta.

Sumardjo, Jacob, Saini K.M. 1986. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia.


Syamsu, Maopa. 2002. Teori Belajar Journal Of Linguistics. 2 (1), 1-20.

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.

Teeuw, A. 2003. Sastera dan Ilmu Sastera.
Jakarta: Pustaka Jaya.
Orang Dewasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Uchjana, Onong, Effendy. http://all-about-theory.blogspot.com/2010/10/pengertian-surat-kabar.html/diakses:2011/04/25

____________________. http://all-about-theory.blogspot.com/2010/10/pengertian-surat-kabar.html/diakses:2011/04/25

Wibowo, Wahyu. 2009. Menjadi Penulis & Penyunting Sukses. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesastraan Sekolah Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Published
2022-10-31