NILAI PENDIDIKAN DALAM WEBTOON JAJAN SQUAD KARYA DITO SATRIO

  • Agelia Sari
  • Muhammad Ardi Kurniawan Universitas Ahmad Dahlan
  • dan Haryadi Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh unsur-unsur nilai pendidikan yang terdapat dalam Webtoon Jajan Squad karya Dito Satrio sehingga penelitian ini bertujuan agar nilai pendidikan tersebut dapat diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan yang terdapat dalam Webtoon Jajan Squad karya Dito Satri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu Webtoon Jajan Squad, sedangkan objek penelitian ini adalah nilai pendidikan. Metode pengumpulan data dengan teknik baca, catat dan purposive sampling. Metode analisis data yaitu metode deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan pragmatik yang menitikberatkan kajian terhadap peranan pembaca dalam menerima, memahami serta menghayti karya sastra. Metode ini berfungsi untuk memecahkan masalah dengan cara mengumpulkan, menyusun, mengklarifikasi, mengkaji, dan menginterpretasikan data. Hasil penelitian ini adalah ditemukan total keseluruhan lima puluh data dengan empat nilai pendidikan yaitu nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan religius, dan nilai pendidikan budaya.

References

Lamganda H Simbolon. (2018). Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Kemayoran karya Nh. Dini: Analisis Sosiologi Sastra. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Endraswara, S. (2006). Metode, Teori, Teknik Penelitian KebudayanL Ideologi, Epistemologi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Sitanggang, M. L. (2015). Nilai Pendidikan Pada Novel Kakak Batik Karya Seto Mulyadi : Analisis Sosiologi Sastra. Skripsi Universitas Sumatera Utara.

Soedarso, N. (2015). Komik: Karya Sastra Bergambar. Humaniora, 6(4), 496. https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i4.3378

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi (Edisi Revisi). Yogyakarta: Garudhawaca.

Rahmawati, F. (2018). Nilai-nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Bima La Bango versi Muhammad tahir Alwi dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMP. Skripsi. Universitas Mataram. In Jurnal Skripsi. http://eprints.unram.ac.id/10644
Published
2022-10-31