KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PLATFORM GOOGLE CLASSROOM DENGAN PLATFORM EDMODO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

  • Prasetyo Yuli Kurniawan dan Atikah Mumpuni Universitas Muhadi Setiabudi
Keywords: eksperimen; google classroom; edmodo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan platform google classroom dan Edmodo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Berdasarkan data hasil penelitian, diketahui bahwa rerata postest kelompok kelas yang menggunakan google classroom lebih besar daripada kelompok kelas yang menggunakan edmodo yaitu 77, 97 untuk google classrom dan 73,94 untuk edmodo. Berdasarkan nilai signifikansi posttest kelas Google Classrom dengan Edmodo yaitu 0,031 yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kelompok kelas yang menggunakan google classroom lebih efektif dibandingkan dengan kelompok kelas yang menggunakan edmodo. Hal tersebut diperkuat dengan hasil Pretest dan Posttest kelas google classroom dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan postest kelompok google classroom.

References

Adhe, K. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 26–31.
Atikah, R.-, Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Petik, 7(1), 7–18.
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. In Deepublish.
El Fauziah, U. N., Suryani, L., & Syahrizal, T. (2019). Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris SMP di Subang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 183–191.
Fembriani, F., Koroh, T. R., Pasmiyati, P., & Polin, R. (2020). Efektifitas Edmodo Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Nusa Cendana. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 8–14.
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225–233.
Karimah, S., Utami, R., & Hidayah, N. (2018). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 97–101.
Nasrullah, A., Ende, E., & Suryadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Pada Pembelajaran Matematika Ekonomi Terhadap Komunikasi Matematika. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i1.346
Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59.
Nurpratiwiningsih, L. (2021). Pembelajaran Google Classroom Bagi Mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(2), 105–109.
Sabran, S., & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitia Universitas Negeri Makasar, 122–125.
Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538.
Yunus, A. A., & Syafi’i, A. (2020). Google Classroom as Learning Platform in Teaching Writing. British (Jurnal Bahasa dan Sastra Inggris), 9(1), 48–64.
Published
2021-10-16