PENGEMBANGAN MATA KULIAH KREASI SASTRA BERBASIS LITERASI KRITIS SEBAGAI BAHAN AJAR MAHASISWA

  • Ghufroni dan Muhamad Toha Universitas Muhadi Setiabudi
Keywords: Kata kunci: Bahan ajar, Kreasi Sastra, Literasi Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar mata kuliah kreasi sastra berbasis literasi kritis yang memenuhi kelayakan aspek  isi, penyajian,  kebahasaan dan kegrafikaan sesuai kebutuhan dosen dan mahasiswa serta menguji efektifitas bahan ajar dalam pembelajaran mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Berdasarkan observasi belum adannya bahan ajar mata kuliah kreasi sastra berbasis literasi kritis yang digunakan mahasiswa, sehingga perlu dikembangkan bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan metode reseach and development ( R & D )  dengan mengadaptasi model ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch (2009)  yang terdiri lima tahapan yaitu 1) Analisis, 2) perancangan, 3) pengembangan, 4) implementasi dan 5) evaluasi.  Berdasarkan validasi ahli, bahan ajar sangat valid dengan skor rata-rata  82,15. Hasil uji efektifitas  pengembangan mata kuliah kreasi sastra berbasis literasi kritis terdapat perbedaan signifikan t hitung = 3,547 sedangkan t tabel = 1,76. Artinya t hitung > t tabel. Dapat disimpulkan  bahan ajar berkategori layak untuk diimplementasikan.

Kata kunci:  Bahan ajar, Kreasi Sastra, Literasi Kritis

 

References

Endah Tri Priyatni, N. (2017). Membaca Kritis dan Literasi Kritis. Tangerang. TiraSmart.
Published
2021-10-16