PENGGUNAAN ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM NOVEL THE CORNER OF THE STAGE KARYA LANANG SETIAWAN

  • Ria Candra Dewi dan Zidni Ilma Nafiah Politeknik Baja Tegal
Keywords: Alih kode,campur kode,sosiolinguistik

Abstract

ABSTRAK

                Penelitian ini berjudul alih kode dan campur kode dalam Novel The coner of the Stage karya Lanang Setiawan. Tuturan tokoh di dalam novel The Coner Of the Stage Karya Lanang Setiawan menggunakan beberapa bahasa sehingga mengakibatkan alih kode dan campur kode.

                Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : (1). Bagaimana jenis alih kode dan campur kode dalam novel The Coner Of The Stage Karya Lanang Setiawan ? (2). Bagaimana penyebab alih kode dan campur kode novel The Conner Of Stage Karya Lanang Setiawan?

                Penelitian ini digunakan teori sosiolinguistik dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel The Conner Of the Stage. Data penelitian berupa dialog/ tuturan tokoh dalam novel yang mengandung alih kode dan campur kode . Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca, identifikasi dan teknik catat.

Hasil penelitian dalam novek Alih kode dalam Novel the Coner Of the Stage menggunakan alih kode intern dan ekstern. Campur kode yang ada di dalam Novel The Conner Of The Stage menggunakan alih kode intern dan ekstern yang berupa kata , frasa, klausa . Alih dalam novel The Coner of Stage karya Lanang Setiawan ini menggunakan alih kode intern dari bahasa Jawa dialek Tegal yaitu dalam kalimat Hasile kayang ngapa . Kemudian menggunakan alih kode ekstern dengan menggunakan bahasa asing yaitu inggris dan arab yaitu kata Okay dan InsyaAllah.

Penyebab dari alih kode dan campur kode novel The Conner of The Stage karya Lanang Setiawan  ( 1) membangkitkan rasa humor,2. Bergensi 3. Pribadi penutur, 4.ragam dan tingkat tutur. Fungsi alih kode dan campur kode novel The conner of the stage karya Lanang Setiawan yaitu :  1. Mengakraban diri (2) sekedar bergengsi, (3) pribadi penutur, ( 4) penggunaan istilah kata yang lebih popular, (6). Fungsi penutur.

Kata Kunci : Alih Kode, Campur Kode , Sosiolingustik

References

Daftar Pustaka
Chaer, Abdul dan Agustina Leoni. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta : Rineka Cipta
Chaer, Abdul. 2007. Kajian Bahasa Struktur Internal, pemakaian dan pemelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
Djadjasudarma, Fatimah. 1993. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian . Bandung : PT Eresco.
Mahsun, 2012. Metode penelitian Bahasa. Jakarta : Rawali Press
Melda, Amalia dan Dianita Indrawati. Alih kode dan Campur Kode dalam novel “ The Sweet Sins” Karya Rangga Wirianto Putra. Bapala . Volume 05 Nomor 01 Tahun 2018, 0-2016
Rohmani, Siti, Amir Fuadi dan Atikah Aninddyarini. Analisis Alih Kode dan Campur Kode Pada Novel Negeri 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI. Basastra Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia .Volume 2 Nomor 1, April 2013, iSNN 12302-6405
Oholwutun, Paul. 2007. Sosiolinguistik Memahami Bahasa dalam konteks Masyarakat dan Kebudayaan. Jakarta : Penerbit Kesaunt Blane.
Rahardi, Kunjana. 2001. Sosiolingusitik Kode dan Alih Kode. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Suwito,1983. Sosiolinguistik Teori dan Problema. Surakarta : Penerbit Henary Ofset Solo
Published
2021-05-05