Peningkatan Menulis Teks Deskripsi dengan Menggunakan Film pada Kelas 7.10 SMP Negeri 3 Kota Tangerang Selatan

  • Ahmad Fadly Universitas Muhammadiyah Jakarta
Keywords: descriptive text, classroom action research, Film Jembatan Pensil

Abstract

This research was proposed to increase the ability of descriptive text writing on grade 7 through film media. Film Jembatan Pensil directed by Hasto Broto was implemented in this classroom action research. Though two cycles, this research could increase the ability of descriptive text writing on grade 7 students in SMP Negeri 3 Kota Tangerang Selatan. On the first cycle, the average score obtained is 68.04, while on the second one was obtained 82. It is concluded that film media could increase the ability of descriptive text effectively.

References

Adi, I. K. D., Sulastri, M., & Wirya, I. N. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Gaya Belajar Vak untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Berbantuan Media Film. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).
Akhmad. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR NILAI PENGETAHUAN HAM MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA MAPEL PPKn PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 6 SEMARANG. Jurnal Ilmiah CIVIS, VI(2), 41–49.
Bariyyah Hidayati, K., & Farid, M. (2016). Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02), 137–144. https://doi.org/10.30996/persona.v5i02.730
Dewi, D. A. K., Sutama, M., & Utomo, D. G. B. (2015). Implementasi Metode Pembelajaran Tipe Kooperatif Team Assisted Individualization dengan Media Gambar BIiota Laut Untuk Meningkatkan Hasil Ketuntasan Belajar Menulis Teks Deskripsi Siswa di KELAS VIIA SMPN 1 Tegallalang. E-Jounal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1).
Dwitagama, D., & Kusumah, W. (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas (2nd ed.). Jakarta: PT Indeks.
Familza, T. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Struktur Teks Deskripsi melalui Model Kooperatif Tipe Make a Match Siswa Kelas VII SMP Negeri 001 Sentajo Raya. Journal Geram (Gerakan Aktif Menulis), 6(2), 51–56.
Lestari, A. W., & Indihadi, D. (2019). Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Peningkatan Pemahaman Penggunaan Huruf Kapital dalam Menulis Teks Deskripsi. PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 6(1), 16–27.
Lubis, S. S. W. (2016). Kontribusi Film Pendek Fabel terhadap Kemampuan Menulis Puisi Anak-Anak. Pionir: Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Masruroh, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kajian Teks Deskripsi melalui Model Jigsaw Siswa SMP. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(3), 307. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.67
Mulia Wati, I. I., Sauhenda, A. F., & Monika, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Media Gambar Berbasis Budaya Papua Siswa Kelas VII SMP Yapis Merauke. Musamus Journal of Language and Literature, 1(1), 21–35. https://doi.org/10.35724/mujolali.v1i1.1067
Nurul Amali, L., Hapsari, F. R., & Senowarsito. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Descriptive Text dengan Menggunakan Teknik Roundtable pada Siswa Kelas X SMAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Media Penelitian Pendidikan, 12(1), 54–64.
Panewaty, D. F., & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan penyesuaian sosial pada siswa dalam asuhan nenek di SMP Negeri Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Empati, 7(Nomor 1), 145–154.
Sasmi Wulandari, D. (2018). Penerapan Strategi PLEASE (Pick, List, Evaluate, Activate, Supply, End) Berbantuan Metode Outdoor Activity untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 75–80. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15341
Woelan, T. (2018). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA TENTANG STRUKTUR TEKS DESKRIPSI DENGAN METODE PEMBELAJARAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VII-B SMPN 1 BABADAN. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, V(1), 9–16.
Published
2020-04-23
Section
Articles